Bulog Demak Terbanyak Serap Beras Petani Stok Beras Capai 17.951 Ton

782
CEK BERAS : Kepala Gudang Bulog Katonsari Demak, Sartono sedang mengecek beras di gudang bulog, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
CEK BERAS : Kepala Gudang Bulog Katonsari Demak, Sartono sedang mengecek beras di gudang bulog, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

DEMAK-Bulog Demak menunjukkan prestasinya yang cukup gemilang. Ini setelah pada musim tanam (MT) I, berhasil melakukan penyerapan beras di wilayahnya paling banyak se-Indonesia.

Gudang Bulog Kantosari Demak yang menjadi bagian dari Sub Divre Semarang ini telah memiliki stok beras sebanyak 17.951 ton. Jumlah tersebut dihitung dari stok 2016 sebanyak 5.707 ton ditambah pengadaan 2017 hingga kemarin sebanyak 11.944 ton dan 300 ton.

Kepala Sub Divre Semarang, Gatot Endro Waluyo menyampaikan bahwa stok beras di Gudang Bulog Demak berlebih. Bahkan, Bulog setempat telah menyewa beberapa gudang lainnya untuk menyimpan beras pengadaan tersebut. “Ada beberapa gudang yang kami sewa untuk menampung beras yang kita beli dari petani,” ujarnya didampingi Kepala Gudang Bulog Demak, Sartono, kemarin.

Sartono menambahkan, Gudang Bulog Katonsari sendiri menyimpan sebanyak 5.707 ton. Kemudian, gudang sewa di Desa Mulyorejo, Kecamatan Demak menyimpan 1.620 ton, gudang sewa Ana Jaya di Jalan Lingkar menyimpan 1.400 ton, gudang sewa HP Putra di Desa Mranak, Kecamatan Wonosalam menyimpan sebanyak 2.600 ton serta gudang sewa di Desa Geneng, Kecamatan Mijen tersimpan sebanyak 480 ton. “Semua gudang yang kita sewa penuh,” katanya.

Sartono mengatakan, pada 2017 ini, Sub Divre Bulog wilayah Semarang (termasuk Gudang Bulog Demak) total ditarget pengadaan beras sebanyak 98 ribu ton. Sedangkan, realisasi pengadaan beras pada MT I hingga kemarin sudah mencapai 34.975 ton. Dari jumlah itu, Gudang Bulog Demak telah mampu menyerap sebanyak 17.951 ton. “Ini prestasi bagi Gudang Bolog Demak. Sebab, pada MT I ini paling banyak dalam penyerapan beras,” jelas Sartono. (hib/ida)