Berkas Pembunuhan SMA TN Lengkap

517
TUNGGU TERSANGKA : Kejari Kabupaten Magelang saat melakukan jumpa pers terkait hasil proses pemeriksaan berkas tersangka AMR, siswa SMA TN, Selasa (11/4). (MUKHTAR LUTFI/Radar Kedu)
TUNGGU TERSANGKA : Kejari Kabupaten Magelang saat melakukan jumpa pers terkait hasil proses pemeriksaan berkas tersangka AMR, siswa SMA TN, Selasa (11/4). (MUKHTAR LUTFI/Radar Kedu)

MUNGKID— Janji Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang untuk mempercepat proses pemeriksaan berkas kasus pembunuhan terhadap Kresna Wahyu Nurohmad, 15, siswa SMA Taruna Nusantara oleh AMR, 16, rekannya sendiri, dipenuhi. Selasa (11/4) korps Adhyaksa ini menyatakan berkas telah P21 alias lengkap.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Magelang Eko Hening Wardono mengatakan berkas yang diperiksa telah memenuhi persyaratan formil dan materiil. “Yang jelas, kita menyatakan perkara atas nama anak AMR sudah lengkap,” katanya didampingi Kasi Pidum R Bondan dan jaksa ZK Bagus.

Proses pemeriksaan BAP tanpa ada revisi. Penyidik kejaksaan tidak harus meminta perbaikan ke Polres Magelang.

Eko mengatakan, usai menyatakan berkas lengkap, kini pihaknya menunggu proses pelimpahan tahap kedua. Dalam pelimpahan tahap dua ini akan disertakan seluruh barang bukti dan juga tersangka ke jaksa. “Insya Allah, kalau tidak ada perubahan, kemungkinan akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 12 April 2017. Yang jelas koordinasi kita terima dari Polres Magelang untuk pelimpahan tahap kedua pada Rabu,” ujar dia.

Menyinggung perihal pelimpahan berkas perkara dan tersangka menuju Pengadilan Mungkid, kata dia, pelimpahan ke PN masih menunggu pelimpahan tersangka dan barang bukti dari penyidik kepolisian. Setelah itu, tim jaksa akan menyusun surat dakwaan dan setelah dinyatakan fix, baru pelimpahan menuju PN. “Pokoknya pelimpahan secepatnya, melihat apakah nanti surat dakwaannya sudah sempurna, kita limpahkan,” kata Eko.

Sebagaimana diketahui, berkas perkara kasus pembunuhan siswa SMA TN dengan pelaku AMR setebal sekitar 10 sentimeter, dilimpahkan penyidik Polres Magelang ke Kejari Kabupaten Magelang, pada Kamis (6/4) sore. Pelimpahan berkas dilakukan Kasat Reskrim Polres Magelang AKP Asnanto yang diterima jaksa penuntut umum ZK Bagus. Dalam perkara ini, saksi yang diperiksa sebanyak 22 orang, terdiri 13 pelajar dan 9 orang dewasa. Selain itu ada saksi ahli dari labfor Semarang serta ahli hukum pidana dari Undip.

Kresna Wahyu Nurohmad ditemukan tewas dalam kondisi bersimbah darah di barak 17 kompleks SMA TN Magelang, pada Jumat (31/3, lalu. Korban terluka di bagian leher, diduga dihabisi oleh teman satu baraknya AMR menggunakan pisau dapur yang dibeli dari salah satu swalayan di Magelang.  (vie/ton)