Bawa Bakulan Tempo Dulu

1231
TERKENANG: Berbagai benda zaman dulu dipamerkan dalam Magelang Tempo Doeloe 2016. Hari ini, acara serupa kembali digelar di Alun-alun Kota Magelang. (DOK RADAR KEDU)
TERKENANG: Berbagai benda zaman dulu dipamerkan dalam Magelang Tempo Doeloe 2016. Hari ini, acara serupa kembali digelar di Alun-alun Kota Magelang. (DOK RADAR KEDU)

MAGELANG – Pameran Magelang Tempo Doeloe (MTD) kembali diselenggarakan 12-14 April mendatang di Alun-alun Kota Magelang. Kegiatan ini sebagai rangkaian acara Hari Jadi ke-1.111 Kota Magelang.

Konsep pasar tempo dulu akan melekat dalam pameran yang menghadirkan suasana Magelang yang masih tradisional. Aneka barang lawas, serta jajanan pasar akan mengingatkan kembali kepada setiap pengunjung – kondisi Magelang di masa lalu.

Bagus Priyana, salah satu pelaksana acara ini menuturkan, tema pasar tradisional pada MTD nanti mewakili setiap kota maupun kabupaten, bahkan di desa-desa pasti memiliki pasar. Di dalamnya, ada transaksi jual beli konvensional. “Di situ ada per-bakulan dan perkumpulan masyarakat, sehingga menunjukkan adanya kehidupan, kerukunan antar masyarakat dan itu sangat unik sekali,” katanya, kemarin.

Agar tak menghilangkan kesan natural saat pelaksanaan MTD, pihaknya akan menyeleksi peserta. Khususnya yang mengisi stan. “Sehingga acara ini memiliki nilai seni, budaya, bernilai sejarah, dan nilai tradisionalnya juga ada,” jelas pegiat komunitas Kota Toea Magelang (KTM) itu.

Yang sangat khas pada pagelaran MTD, lanjut Bagus, adalah sajian barang-barang antik, juga menghadirkan potret Magelang melalui sebuah dokumen foto. Sedikitnya, ada 64 foto bakulan juga ditunjukkan kepada pengunjung. “Foto-fotonya mulai dari era tahun 20-an sampai 70-an ada. Foto yang paling tua, di Jalan Bayeman pada tahun 1910 dan foto yang paling muda di Alun-alun tahun 1970.” (put/ton)