TREN TAHUN INI: Perhiasan jenis elora tahun ini jadi tren karena modelnya yang glamor dan elegan. (ADENNYAR WYCAKSONO/ JAWA POS RADAR SEMARANG)
TREN TAHUN INI: Perhiasan jenis elora tahun ini jadi tren karena modelnya yang glamor dan elegan. (ADENNYAR WYCAKSONO/ JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG Daya beli masyarakat terhadap perhiasan nampaknya tak pernah terpengaruh oleh perubahan ekonomi di masyarakat, terlebih dengan banyaknya model yang memanjakan kaum hawa. Bahkan bisa dibilang peminat perhiasan tak pernah surut, hal ini terlihat pada event Semarang Jewellery Expo (SJE) 2017 yang digelar di Mal Paragon Semarang yang berlangsung Jumat (7/4) hingga Minggu (16/4) mendatang.

Koordinator SJE 2017, Irene Le mengatakan, tahun ini model perhiasan yang menjadi tren adalah jenis elora. ”Koleksi perhiasan elora dibuat dengan mesin berteknologi canggih yaitu Computerize Numerical Cutting (CNC) yang bisa menjadikan perhiasan terlihat 5 kali lebih besar dari ukuran yang sebenarnya,” ungkap Irene saat membuka SJE 2017, kemarin.

Untuk harga sendiri, bisa dilang cukup terjangkau, sebuah cincin elora misalnya bisa dibawa pulang dengan harga mulai Rp 5 juta. Dengan dana tersebut pecinta berlian tetap bisa tampil glamor, mengingat teknologi CNC membuat berlian dengan 0,2 karat tampak utuh seperti 1 karat. ”Cara ini membuat berlian menjadi lebih terlihat besar, harganya pun lebih terjangkau,” tuturnya.

Berlian dengan sertifikat GIA tersebut bisa diperoleh dari 7 toko perhiasan terkemuka di Semarang, yang ikut memeriahkan SJE 2017. Di antaranya Alexandra Deborah, Alexandrite Gemstone, Diamond House, Diamond World, Honey Gold & Jewellery, Monica Jewellery dan Mulia Jewellery. ”Ada 7 stan dari 7 toko perhiasan yaang menggandeng pembiayaan kredit yakni BCA dengan memberikan menikmati discount 50 persen +10 persen cicilan 6 hingga 12 bulan dengan bunga 0 persen,” terang pemilik Honey Gold & Jewellery ini.

Terpisah pemilik Diamond World Jewellery Irene Lina menambahkan, selain perhiasan model elora, perhiasan jenis lotus juga masih terus diburu masyarakat. Dari jenisnya lotus adalah model menata perhiasan yang terdiri atas 1 berlian ukuran besar yang dikelilingi berlian kecil-kecil sehingga perhiasan terlihat besar dan mewah. ”Selain untuk cincin, berlian model lotus juga digunakan sebagai anting, dan liontin dengan motif bunga-bunga yang saat ini tengah menjadi favorit,” tuturnya. (den/zal/ce1)