SENIOR: M Ridwan bersama manajemen tim setelah menandatangani kontrak untuk bermain di PSIS, kemarin. Setelah 10 tahun bermain di beberapa klub besar tanah air, M Ridwan akhirnya kembali membela PSIS. (BASKORO S/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SENIOR: M Ridwan bersama manajemen tim setelah menandatangani kontrak untuk bermain di PSIS, kemarin. Setelah 10 tahun bermain di beberapa klub besar tanah air, M Ridwan akhirnya kembali membela PSIS. (BASKORO S/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – PSIS akhirnya berhasil mewujudkan ambisinya untuk membawa pulang gelandang sarat pengalaman, M Ridwan. Pemain yang akrab disapa Tong Eng ini kemarin resmi diikat kontrak untuk membela PSIS satu musim kompetisi ini.

Kembalinya M Ridwan ini membuat gembira tim PSIS. Selain punya skill yang masih mumpuni, pemain berusia 36 tahun ini diharapkan menjadi magnet bagi suporter untuk menyaksikan laga-laga PSIS, di Liga 2 mendatang.

M Ridwan pernah menjadi pilar PSIS musim 2006 silam sebelum akhirnya hijrah ke beberapa klub besar seperti Pelita Jaya, Persib Bandung dan terakhir Sriwijaya FC. M Ridwan selama ini juga keluar masuk tim nasional.

Direktur Utama PSIS, Kairul Anwar ditemui kemarin mengatakan, bergabungnya Ridwan tak lepas dari perubahan regulasi yang dihasilkan dalam rapat Exco, Rabu (5/4) malam. Di mana akhirnya dalam rapat tersebut terjadi perubahan regulasi penggunaan pemain senior. Sebelumnya tim-tim Liga 2 diperbolehkan merekrut lima pemain senior berusia diatas 25 tahun dan maksimal berusia 35 tahun. “Namun dalam rapat Exco akhirnya ada perubahan regulasi yaitu tetap diperbolehkan merekrut lima pemain diatas 25 tahun hanya saja tiga diantaranya maksimal berusia 35 tahun sedangkan dua lainnya berusia bebas. Makanya tadi pagi (kemarin, Red) kami langsung ikat kontrak Ridwan,” kata Kairul Anwar.

Dengan bergabungnya Ridwan berarti saat ini kuota pemain senior PSIS sudah lengkap setelah sebelumnya PSIS juga telah merekrut empat pemain berusia diatas 25 tahun yaitu M Yunus, Johan Yoga Utama, Hari Nur Yulianto dan Franky Mahendra.

Selain Ridwan, PSIS kemarin juga resmi mengontrak seorang gelandang lainnya yaitu Ruud Gullid. Sama dengan Ridwan, eks pemain PSMS Medan dan Martapura FC itu diikat untuk bertarung selama semusim kompetisi ke depan. “Berarti total saat ini ada 24 pemain yang sudah kami kontrak ditambah enam pemain berstatus magang. Dilihat dari jumlah pemain dan kebutuhan tim saya kira sudah cukup. Namun tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan pemain lagi karena tim pelatih akan terus evaluasi,” sambung Kairul.

Ridwan sendiri ditemui di tempat yang sama kemarin mengaku sudah lama menanti come back bersama tim Mahesa Jenar setelah selama beberapa musim ‘berpetualang’ di kompetisi kasta tertinggi di Indonesia. “Mungkin niat saya bergabung dengan PSIS lebih besar dibanding niat PSIS merekrut saya. Jadi bukan keputusan yang sulit ketika ada komunikasi untuk bisa bergabung di tim. Dan hari ini (kemarin, Red) hari yang saya tunggu-tunggu. Mudah-mudahan bisa ikut mewujudkan target yang dibebankan kepada tim,” beber Ridwan.

Selama karirnya di sepak bola, Ridwan sendiri cukup akrab dengan beberapa posisi seperti fullback, winger maupun gelandang serang. Disinggung mengenai hal tersebut pihaknya mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada coach Subangkit. ”Dalam hal posisi tentunya itu kewenangan pelatih, dan saya yang menyesuaikan di tim,” pungkasnya. (bas/smu)