Dua Objek Wisata Baru di Limbangan

2824
DESTINASI WISATA BARU: Bupati Kendal, Mirna Annisa, berfoto bersama warga di sela meresmikan objek wisata Bukit Selo Arjuno dan Bukit Bligo di Desa Kedungboto, Limbangan, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
DESTINASI WISATA BARU: Bupati Kendal, Mirna Annisa, berfoto bersama warga di sela meresmikan objek wisata Bukit Selo Arjuno dan Bukit Bligo di Desa Kedungboto, Limbangan, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

KENDAL– Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata (Dinporapar) Kendal mulai menyasar objek wisata desa. Kali ini, ada dua wisata dua bukit batu yang terletak di Dusun Watulawang, Desa Kedungboto, Kecamatan Limbangan. Dua bukit tesebut adalah Bukit Selo Arjuno dan Bukit Bligo.

Cukup menarik, karena tantangan untuk mencapai bukit dua objek wisata tersebut yang cukup sulit. Tapi saat sampai di atas, pemandangan alam yang disajikan sangat indah, bahkan bisa memanjakan mata bagi mereka yang hobi foto selfie.

Dua bukit batu tersebut menjulang tinggi  hingga 125 meter di atas permukaan laut (dpl), dan kemiringan 90 derajat. Medannya sangat terjal dan memang benar-benar murni batu dari bawah sampai atas. Objek wisata ini cocok bagi mereka yang suka melakukan panjat tebing. Tapi, bagi mereka yang takut, bisa menaiki Bukit Selo Arjuno maupun Bukit Bligo dengan menaiki tangga besi yang melingkari batuan berdiameter sekitar belasan meter tersebut.

Ketua Pokdarwis Desa Kedungboto, Turmadi, mengatakan sementara lantaran kondisi jalan yang buruk belum bisa dilalui mobil maupun bus, Karenanya, pengunjung harus menempuh jalan kaki sepanjang 100 meter dari parkiran. “Ke depan setelah jalan diperbaiki, semoga bisa lebih dekat dan mudah aksesnya,” katanya di sela peresmian wisata, kemarin.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kendal, Tavip Purnomo SH MM mengatakan, pengembangan pariwisata Bukit Selo Arjuno dan Bukit Bligo belum bisa dilakukan pada 2017. Hal itu karena belum teranggarkan. Wisata alam di wilayah Limbangan dan sekitarnya sendiri diprediksi banyak potensinya, namun belum terlihat secara keseluruhannya.

“Bukit Selo Arjuno dan Bukit Bligo ini cukup berpotensi, hanya saja medan yang harus dilalui cukup terjal, sehingga membutuhkan akomodasi yang lebih. Selain itu, dengan kondisi ini, maka bila hendak berwisata ke sini harus dalam kondisi fisik prima,” jelasnya.

Camat Limbangan, Widodo, menambahkan, tempat ini merupakan wilayah wisata karena juga terdapat potensi yang sama di Gondang, Pakis, Medini, dan Gonoharjo. Di lokasi tersebut juga telah terdapat terminal yang dapat difungsikan bagi parkir roda dua maupun roda empat. “Hampir setiap dusun di sini juga memiliki kesenian kuda kepang yang bisa dimanfaatkan untuk menghibur para wisatawan. Keunikan dari Bukit Selo Arjuno dan Bukit Bligo, yakni pengunjung bisa berselfie di atas puncak batuannya sambil mengibarkan bendera,” akunya.

Bupati Kendal, Mirna Annisa, berjanji akan segera memperbaiki jalan menuju objek wisata tersebut. Ia berharap, wisata tersebut nantinya bisa berkembang. Sehingga memicu tumbuhnya perekonomian warga setempat. “Jika memang di sini banyak tempat wisata, saya berharap setiap desa bisa memunculkan wisata-wisata baru. Sehingga Limbangan ini menjadi wilayah wisata alam. Selain it,u warganya juga harus dilatih dan dibekali, sehingga bisa mengembangkan potensi desa setempat,” harapnya. (bud/aro)