Ahmad Syaichur Rozi. (IST)
Ahmad Syaichur Rozi. (IST)

BATANG-Nahdlatul Ulama (NU) telah dikenal moderat dan setia pada Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Karena hal tersebut sudah menjadi bagian dari ajaran ke-NU-an, yang menjunjung tinggi keutuhan Negara dengan tetap melakukan syiar keagamaan.

Demikian juga dengan warga NU di wilayah Kecamatan Limpung Kabupaten Batang yang konsisten menjaga amanah Negara sekaligus agama, dengan konsisten bela Pancasila dan NKRI. “Warga NU di Limpung sangat ramah dan terbuka menerima siapa saja, asal tak berlawanan dengan hukum. Tak heran, aparat keamanan baik Polri maupun TNI selalu menggandeng Banser untuk diajak serta sebagai mitra pengamanan,” ujar Ketua Tanfidziah MWC NU Limpung, Ahmad Syaichur Rozi, Sabtu(1/4) kemarin.

Dari faktor pendidikan, suami Nur Hidayah dan ayah satu putri bernama Izzat Albi Najihah, 12, ini adalah lulusan Ponpes Al Hidayat Lasem tahun 1988 dengan pendalaman ilmu kitab-kitab Salaf. Di bawah kepemimpinan Rozi, warga Nahdliyin Kecamatan Limpung dipacu lebih khusyuk beribadat dan melecut generasi muda NU tampil sebagai pemimpin masa depan bangsa. Tak heran semakin banyak anak-anak muda yang ikut pelatihan Banser.

Kegiatan warga NU di Kecamatan Limpung terpusat di Gedung MWC NU Limpung yang terletak di Jalan Kalangsono. Kegiatan yang menjadi agenda rutin MWC NU Kecamatan Limpung di antaranya adalah LazizNU yang telah merealisasikan beberapa program pendidikan, sosial dan pendistribusian zakat. Selain itu ada kegiatan sektor haji dengan membentuk KBIH Al-Amanah yang memfasilitasi warga dan membantu pemerintah untuk membimbing jama’ah sebelum, selama dan sesudah menunaikan ibadah haji. Lompatan besar adalah dengan didirikannya Biro Umrah Sorban Al-Amanah yang baru di-launching tanggal 1 Maret yang lalu. Meskipun baru, tetapi sudah berhasil memiliki anggota 50 orang.

Kegiatan lain di antaranya Lailatul Ijtima setiap malam Minggu Pahing yang tempatnya bergiliran di semua ranting. Juga pengajian Thoriqoh setiap hari Minggu Pon di Masjid Nurul Huda Limpung.

Bidang pendidikan juga menjadi prioritas utama MWC NU Limpung dalam program pencerdasan bangsa. Saat ini ada 4 sekolah yaitu SMK Ma’arif NU 01 Limpung, MANU 01 Limpung, MTs NU Al-Syairiyah Plumbon dan SMK Farmasi Plumbon yang semua masuk kategori unggulan dengan jumlah murid yang fantastis.

Di Hari Ulang Tahun NU ke-94 yang dirayakan hari ini (2/4) di Gedung SMK Ma’arif NU 01, warga Nahdliyin Limpung berharap untuk ke depannya bangsa ini semakin maju, damai, amanah dan berkah dengan segala kebhinekaannya tanpa perbedaan. Karena kita dilahirkan sama dan mempunya tanah air yang sama juga.

“Soal keyakinan itu adalah hak masing-masing individu dengan Tuhannya. Tidak ada pemaksaan dan tekanan. Yang ada adalah rukun, saling menghormati dan nyaman dalam menjalankan ibadah,” pungkasnya. (han/sct/ida)