Ngedrum Bareng 100 Drummer

584

SEMARANG – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meminta dalam perayaan HUT ke-470 Kota Atlas nanti lebih mengedepankan keterlibatan masyarakat. Sejumlah agenda kemeriahan telah dipersiapkan. Yang menarik, dalam peryaan HUT tahun ini, yakni festival drummer, melibatkan 100 penabuh drum dan bersanding dengan drummer kenamaan, Gilang Ramadhan.

”Hari jadi Kota Semarang ini milik masyarakat, sehingga kemeriahan itu harus dirasakan oleh masyarakat, baik sekadar menonton maupun terlibat dalam berbagai kegiatan yang digelar,” tegas wali kota ketika memberikan pengarahan kepada panitia HUT Kota Semarang, kemarin (31/3).

Pihaknya juga berharap agar berbagai kegiatan baik lomba, karnaval maupun kegiatan-kegiatan lainnya dipublikasikan kepada masyarakat luas. HUT ke-470 Kota Semarang tahun ini akan mengangkat tema ”Bergerak Bersama, Semarang Hebat”. Tema ini menyiratkan makna bahwa cita-cita mewujudkan Semarang Hebat hanya akan tercapai jika pemerintah dan semua stakeholder sengkuyung bergerak bersama melaksanakan program-program pembangunan yang telah direncanakan.

”Warga bisa mengisinya dengan menjaga K3 (kebersihan, keamanan, dan ketertiban) di wilayahnya dan juga dapat turut memasang umbul-umbul guna menambah kemeriahan ulang tahun Kota Semarang,” ujar Hendi sapaan akrab orang nomor satu di Kota Semarang, itu.

Berbagai acara guna memeriahkan peringatan HUT ke-470 Kota Semarang telah dipersiapkan. Untuk kegiatan di bidang keagamaan di antaranya ziarah ke makam Sunan Pandanaran Mugas pada 6 April, ziarah ke Makam Sunan Pandanaran di Tembayat, Klaten pada 13 April dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal pada 17 April. Pengajian peringatan hari jadi akan dilaksanakan di Rumah Dinas wali kota tanggal 20 April pukul 19.00.

”Yang baru dan menarik dalam perayaan HUT ke-470 Kota Semarang kali ini adalah adanya festival drummer dengan melibatkan 100 drummer yang akan bersanding dengan drummer kenamaan Gilang Ramadhan,” tutur ketua panitia HUT ke-470 Kota Semarang, Trijoto Sardjoko.

Ada juga lomba Vlog dengan tema ”Seandainya Sehari Jadi Hendi, saya akan …”, lomba Vlog Cah Semarang Bangga Semarang mulai 1 Maret sampai dengan 2 Mei, lomba desain motif batik Semarang yang dilaksanakan 9 April, lomba menyanyi kategori SD dan SMP, lomba tembang macapat kategori SD-SMP dan lomba menggambar akan dilaksanakan 5-11 April 2017 di Gedung Wanita.

Karnaval seni budaya lintas agama dan pawai ogoh-ogoh akan menghibur warga masyarakat besok Minggu (2/4) di titik nol km atau depan Kantor Pos Besar Semarang mulai pukul 14.00. Dilanjutkan festival dalang kelompok usia SD-SMP dan kelompok dewasa mulai 23-28 April 2017 di Gedung Sobokartti. (zal/ce1)