Gunakan Produk UMKM Lokal

328

MAGELANG –  Pemkot Magelang melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) membantu memasarkan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Magelang. Utamanya, produk makanan olahan.

“Saya harap, kalau masing-masing OPD punya kegiatan, pesan makananya bisa ke UMKM kita,” kata Kepala Disperindag Kota Magelang, Joko Budiyono.

Pelaku UMKM menyambut baik arahan mengunggulkan produk lokal itu. Ketua Forum UMKM Kota Magelang, Fatkhurrozak optimistis, bila itu benar dilaksanakan, UMKM akan menggeliat. Lalu, terjadi persaingan sehat dalam meningkatkan standar atau kualitas produk. Baik sisi rasa, harga dan penampilan.

“Selama ini, pemasaran mereka masih tradisional seperti dititipkan di warung atau pasar, jadi penampilannya masih biasa. Kalau OPD bisa menggunakan produk mereka, ini akan menjadi pasar baru dan tentu akan membantu meningkatkan ekonomi pelaku UMKM kita sekaligus memancing kreasi dalam hal inovasi makanan,” ujarnya.

Dari ribuan UMKM di Kota Sejuta Bunga, diakuinya belum semua berkembang. Hanya sebagian kecil yang bisa menembus instansi atau lembaga pemerintahan maupun swasta. Kendalanya, soal perputaran modal usaha. “Kendala di pemerintahan, kadang tempo pembayaran cukup lama. Beberapa pihak swasta juga begitu. Harapannya bisa dipercepat, supaya bisa digunakan untuk menjalankan usahanya lagi,” ujarnya.

Terkait persyaratan administratif juga menjadi masalah. Fatkhur mengungkap, ada beberapa pihak yang mau kerjasama, asalkan memiliki tanda daftar perusahaan (TDP), surat izin usah perdagangan (SIUP) atau izin usaha mikro kecil (IUMK) maupun persyaratan lain. “Terus terang, kalau syaratnya rumit, UMKM belum siap. Meskipun saya yakin, sebagian besar sudah memiliki sertifikat pangan industri rumah tangga (PIRT) dari Dinas Kesehatan,” akunya.  (put/ton)