Siswa SD Dilatih Padamkan Kebakaran

845
JANGAN TAKUT: Seorang siswa SD Muhammadiyah Plus Salatiga dipandu untuk memadamkan api dengan karung basah.
JANGAN TAKUT: Seorang siswa SD Muhammadiyah Plus Salatiga dipandu untuk memadamkan api dengan karung basah.

SALATIGA – Sedikitnya 145 siswa SD Muhammadiyah Plus Salatiga begitu antusias mengikuti pelatihan pemadaman kebakaran ringan di Lapangan Kembang Arum Kecamatan Sidomukti, Kamis (23/2). Kegiatan outing class diselenggarakan bekerjasama dengan Bidang Kebakaran pada Dinas Satpol PP Kota Salatiga.

Staf Pemadam Kebakaran Imam Wahyu menjelaskan, yang terpenting jangan takut jika ada kebakaran ringan. “Kebakaran ringan misalnya kompor meledak, yang perlu disiapkan adalah kain atau karung basah yang diperkirakan bisa menutupi api. Selanjutnya ikuti arah angin bertiup, tutup api dengan karung basah tadi. Jika asap sudah muncul dari sela-sela kain basah maka dipastikan api telah padam,” terangnya kepada siswa.

Imam menilai, para siswa cukup berani mempraktikkan pemadaman api ringan. “Tidak hanya siswa laki-laki yang mengajukan diri untuk mempraktikkan pemadaman api, bahkan siswa putri juga banyak yang mengantri mendapatkan giliran. Saya cukup senang karena siswa cepat menangkap materi pelatihan, harapan kami mereka bisa mengatasi kebakaran ringan yang dijumpai,” harapnya.

Sementara itu salah seorang guru Suharwono menjelaskan kegiatan outing class semacam ini memang rutin dilaksanakan tiap semester. Peserta kegiatan ini adalah seluruh siswa kelas 3. “Tujuannya adalah agar bisa menumbuhkan keberanian kepada anak-anak saat menjumpai kebakaran api ringan. Selain itu mengenalkan tugas pamadam kebakaran beserta peralatan yang mereka miliki,” jelas Suharnowo.

Tidak hanya siswa, para guru juga berkenan mempraktikkan cara pemadam api. Suasana bertambah riuh ketika sesi praktik penyemprotan dengan menggunakan watercanon mobil pemadam. Siswa yang tadinya masih terlihat takut berhambur mendekati watercanon berebut memegangnya. (sas/ton)