KENDAL—Pembangunan infrastruktur jalan masih menjadi program andalan di 18 desa di Kecamatan Patebon. Lantaran kondisi jalan di desa tersebut, masih banyak yang memprihatinkan.

Hal itu terungkap dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) 18 desa di Kecamatan Patebon yang digelar di Aula Kantor Kecamatan setempat. Dalam rapat tersebut tiap desa diwakili kepala desa, sekretaris desa, pendamping desa, tokoh masyarakat dan perwakilan perempuan, serta dihadiri anggota Forkompimcam.

Camat Patebon, Agoeng Boedi Cahyono mengatakan bahwa Musrenbang untuk menyusun program 2018. Hasil dari musrenbanngcam tersebut nantinya akan disampaikan melalui Musrenbang Kabupaten Kendal.

“Program pembangunan yang diusulkan meliputi program pembangunan fisik dan non fisik. Tapi untuk Kecamatan Patebon masih mengutamakan pembangunan infrastruktur jalan desa dan jalan kabupaten yang kondisinya masih banyak yang rusak,” akunya.

Selain fokus pada jalan, pembangunan bidang pendidikan dan kesehatan juga menjadi sorotan. “Pembangunan infrastruktur jalan maupun gorong-gorang menjadi program utama karena masih banyak yang rusak dan harus dibenahi,” katanya.

Sementara itu anggota DPRD Kendal, Sulistyo Aribowo mengatakan bahwa penyusunan program pembangunan harus mengacu pada RPJMD. Sehingga program untuk tahun 2018 diarahkan sesuai tagline Kendal Bermartabat.

“Arah kebijakan ini, pembangunan infrastrtuktur secara merata dan SDM berkualitas serta berdaya saing, pendidikan berkualitas, kesehatan murah dan terjangkau,” katanya.

Aribowo juga mengatakan, kehadirannya adalah untuk memberikan arahan dan  menampung aspirasi priotitas agar bisa tersampaikan dengan baik di Musrenbang Kabupaten Kendal. “Selain itu, untuk mengakomodasi usulan prioritas, jika tidak bisa tertampung di musrenbang kabupaten. Padahal usulan tersebut merupakan program mendesak, maka akan diusulkan melalui masukan pokok-pokok pemikiran dewan,” tuturnya. (bud/ida)