Membuka Rumah Nutrisi

1818
Dian Ayu Zahraini (SHEILA LESTARI GIZA/JAWA POS RADAR SEMARANG)
Dian Ayu Zahraini (SHEILA LESTARI GIZA/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RAMAH dan cerdas terlihat jelas pada sosok dr Dian Ayu Zahraini. Wanita berhijab yang berprofesi sebagai Dosen Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) ini baru saja membuka sebuah rumah nutrisi sebagai wadah untuk berkonsultasi seputar kesehatan.

Dokter Ayu –panggilan akrabnya— menuturkan, ide membentuk rumah nutrisi sudah dipikirkan sejak lama. Ia bercerita banyak sekali menemui hambatan ketika orang-orang di sekitarnya mengalami gangguan kesehatan akibat pola makan, serta hidup yang kurang sehat.

”Aku basic-nya kesehatan, kebetulan studi lanjutnya ambil di magister gizi. Selama ini sering nemuin permasalahan seputar kesehatan, terutama berat badan, karena konsep pedoman gizi yang sehat dan baik untuk setiap orang kan sifatnya beda-beda. Dari situ kelihatan jika keluhan mereka gak ter-monitoring,” bebernya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Istri dari dr Vito Mahendra Ekasaputra SpB, dokter spesialis bedah RSI Sultan Agung ini mengaku senang lantaran respons masyarakat tentang adanya rumah nutrisi sangat tinggi. ”Selama ini gak ada kendala, banyak yang datang buat konsultasi kesehatan maupun trik diet sehat, dan Alhamdulillah semua berjalan sesuai keinginan,” ucap ibu tiga anak ini.

Dengan adanya rumah nutrisi ini, harapannya ada monitoring gizi yang lengkap. Sehingga target setiap pasien dapat terpantau dengan baik.

Dia menuturkan, rumah nutrisi juga memiliki komunitas untuk berbagi pengalaman tentang perkembangan kesehatan mereka. Karena komunitas itu sering terabaikan, padahal itu penting.

Selain kesibukan menjadi seorang dokter, dosen serta konsultan gizi, wanita multitalenta ini sedang mengembangkan studi yoga, sesuai dengan permintaan dari customer. Hal tersebut sengaja dilakukan karena ia ingin mengenalkan konsep pola hidup sehat. Seperti pola makan yang benar dan anjuran harus berolahraga, sehingga berkumpul dengan orang-orang yang sehat menjadi penting.

”Hidup sehat itu penting. Jadi, selain buka rumah nutrisi, aku juga ada kelas yoga. Bukanya setiap hari dari pukul 07.00 sampai 22.00. Trainer-nya sudah berpengalaman, kalau mau coba, datang aja ke Jalan Karangasem No 383 Mlati Baru, Semarang Timur,” ujarnya setengah promosi. (mg29/aro/ce1)