SERTIFIKASI : Siswa Kompetensi Farmasi mengikuti USK di laboratorium sekolah.
SERTIFIKASI : Siswa Kompetensi Farmasi mengikuti USK di laboratorium sekolah.

MAGELANG – Sebanyak 110 siswa kelas XII SMK Citra Medika Kota Magelang mengikuti Ujian Sertifikasi Kompetensi (USK). Dijadwalkan, siswa Kompetensi Farmasi mengikuti ujian mulai 23-25 Februari. Sementara Kompetensi Keperawatan pada 23 Februari–1 Maret. Pelaksananya dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Asisten Tenaga Kesehatan (Asnakes).

Kepala SMK Citra Medika Kota Magelang Hendratno Widhiatmanto mengatakan, sertifikasi ini untuk mengukur kompetensi siswa dengan pedoman Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Nantinya, siswa berkompeten akan mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). “Dengan dimilikinya sertifikat ini, anak-anak punya bekal terjun di dunia kerja dengan kemampuan yang benar-benar sudah teruji,” katanya, Jumat (24/2).

Menurutnya, USK penting diadakan untuk membuka peluang lulusan mengabdi ke masyarakat. Utamanya di pelayanan kesehatan. “Kesempatan kerjanya juga lebih luas, tidak hanya di lingkup Indonesia, tapi bisa tingkat ASEAN,” akunya.

Wakasek Kurikulum, Veronica Rani menambahkan, seluruh materi manajemen yang diujikan Kompetensi Farmasi mengacu pada SKKNI. Meliputi, pemesanan, penerimaan, penyimpanan, pelayanan resep racikan, dan nonracikan. Salah satunya, mengisi warm water zack. “Untuk kompetensi keperawatan, di antaranya menghitung nadi, dan memandikan pasien,” tambahnya. (put/ton)