Wihaji-Suyono Raih 245.181 Suara

Unggul di Semua Kecamatan

566
AMAN : Panwas dan KPU serta perwakilan saksi memastikan kotak suara dari PPK tersegel, sebelum dilakukan rekapitulasi suara di tingkat Kabupaten Batang. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)
AMAN : Panwas dan KPU serta perwakilan saksi memastikan kotak suara dari PPK tersegel, sebelum dilakukan rekapitulasi suara di tingkat Kabupaten Batang. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)

BATANG – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Batang, Wihaji-Suyono resmi memperoleh suara 245.181 atau unggul 56.6 persen dari seluruh suara sah dakan pemungutan suara 15 Februari lalu. Selain unggul dalam pengumpulan suara, pasangan yang diusung Partai Golkar, PPP dan Partai Hanura ini berhasil memenangkan suara, di hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Batang.

Karena itulah, setelah dilakukan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Batang Tingkat Kabupaten Batang dilakukan penetapan pemenang dalam rapat pleno terbuka. Selain dihadiri oleh  masing-masing saksi pasangan calon bupati dan wakil bupati, juga menghadirkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panwascam dan Panwas. Hadir pula perwakilan Forkompinda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Batang serta Kapolres Batang AKBP Juli Agung, Komandan Kodim 0736 Batang Letkol Inf Fajar Alinugraha.

Pasca memimpin Rapat Pleno Terbuka, Ketua KPU Kabupaten Batang, Adi Pranoto mengatakan bahwa setiap tahapan Pilkada selama ini berjalan lancar, aman dan kondusif. Serta sesuai dengan aturan yang ad,a sampai dengan hari pemungutan suara telah sesuai tahapan.

“Selain melakukan penghitungan manual dari PPK pada hari tersebut, KPU sebelumnya saat hari pemungutan suara juga secara internal melakukan rekapitulasi secara real count. Dengan data berdasarkan entry model atau C1,” katanya.

Namun, rekapitulasi kali ini merupakan hasil penghitungan suara yang dilaksanakan dari masing-masing PPK Kecamatan. Sebelum dilakukan rekapitulasi tingkat kabupaten, juga dipastikan bahwa data yang diambil berasal dari rekap di kotak suara yang tersegel. “Pada Pilkada kali ini, satu hari setelah pencoblosan, PPK langsung melaksanakan penghitungan sementara rekapituasi tingkat kecamatan. Prosesnya cukup cepat, hampir tidak ada masalah yang berarti,” jelasnya.

Sementara itu, proses rekapitulasi digelar mulai pukul 10.00 dan berakhir sekitar pukul 14.20. Dengan hasil penghitungan, pasangan nomor 1 (Wihaji-Suyono) memperoleh suara 245.181 (56.6 persen), paslon nomor urut 2 yang diusung PDIP dan Gerindra (Lafran-Slamet Urip) mendapatkan 116.925 suara (27 persen), paslon nomor urut 3 (As Burhan-Acara Ariani) diusung PKB dan NasDem mendapatkan 63.232 suara (14,6 persen), paslon nomor urut 4 (Ahcmad Faizin-Erna Yuniwati) yang diusung oleh Partai Demokrat, PAN dan PKS mendapat 7.604 suara (1,8 persen).

Dari rekapitulasi penghitungan tersebut, hasil pemungutan di 1.388 TPS dari 15 kecamatan se-Kabupaten Batang, didapatkan data untuk suara sah 432.942 suara, tidak sah 13.576 suara. Sedangkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 597.025, yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 446.518 orang, yang tidak menggunkan hak pilihnya 154.195 orang.

“Hasil penghitungan sudah final dan menyatakan pasangan nomor urut 1 Wihaji–Suyono dinyatakan menang. Selanjutnya di antara tanggal 8-10 Maret 2017, keduanya akan ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Batang tahun 2017. Setelah itu, kami melakukan pengajuan kepada Gubernur dan yang menentukan melasanakan pelantikan adalah Gubernur,” tandas Adi Pranoto.(han/ida)