Satpol PP Sita 1.438 Botol Miras

503
RAZIA : Ribuan botol miras disita dalam razia Satpol PP Kendal di Kawasan Lokalisasi Gambilangu, Kendal, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
RAZIA : Ribuan botol miras disita dalam razia Satpol PP Kendal di Kawasan Lokalisasi Gambilangu, Kendal, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

KENDAL—Satuan Polisi Pamong Praja mengamankan ribuan botol minuman keras (miras) berbagai merek. Ribuan miras tersebut merupakan hasil razia dari daerah Kaliwungu dan Boja.

Ribuan botol miras terbanyak diamankan dari sebuah mobil boks yang sedang melakukan bongkar muat di sebuah warung di kawasan Lokalisasi Gambilangu, Sumberejo Kaliwungu. Sang pemilik sempat merengek kepada petugas, agar tidak semua miras diangkut.

“Kalau bisa jangan dibawa semua pak, masak pimpinan enggak punya kebijaksanaaan. Kalau dibawa semua saya jualan apa?” kata Kasmadi, Rabu (22/2) kemarin.

Meski begitu, petugas tidak menggubrisnya. Petugas Satpol PP Kendal tetap mendata dan mengamankan minuman keras berbagai merek. Kepala Seksi Pengendalian Operasi Satpol PP Kendal, Puji Sumaryono mengatakan razia kali ini lantaran banyak keluhan masyarakat yang resah dengan peredaran miras.

“Sesuai ketentuan Perda Nomor 4 Tahun 2009 tentang miras, di Kendal untuk kadar alkohol harus nol persen. Kecuali yang dijual di cafe dan bar yang sudah mengantongi izin perdagangan,” tandasnya.

Dari hasil razia, petugas berhasil mengamankan 1.438 botol miras berbagai ukuran dan merk. Sementara para penjual nantinya akan diberikan sanksi berupa tindak pidana ringan. “Dari razia miras ini, petugas berhasil mengamankan sebanyak 1.438 botol miras dari berbagai jenis,” tambahnya.

Dikatakan, mobil boks yang membawa ratusan miras dari Semarang tersebut, menurut pengakuan sopir rencananya akan didrop ke beberapa tempat seperti warung, toko dan tempat karaoke di Gambilangu. “Kami sudah curiga sebelumnya, saat bergerak menuju ke area lokalisasi mendapati mobil boks yang sedang berhenti di depan warung. Ternyata benar, mobil boks sedang menurunkan barang berupa ratusan miras,” tuturnya. (bud/ida)