Bupati Eko Purnomo menyerahkan SK pensiun dan cendera mata kepada PNS yang pensiun. (Ahmad zainudin/radar kedu)
Bupati Eko Purnomo menyerahkan SK pensiun dan cendera mata kepada PNS yang pensiun. (Ahmad zainudin/radar kedu)

WONOSOBO – Sebanyak 36 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Wonosobo pensiun. Bupati Wonosobo Eko Purnomo menyerahkan surat keputusan (SK) pensiun di pendopo bupati, Rabu (22/2).

Pada kesempatan ini Eko mengatakan, bagi sebagian PNS, purnatugas seringkali menjadi momok yang menakutkan hingga menyebabkan sindrom pensiun. PNS perlu mempersiapkan segala sesuatu untuk menghadapi purnatugas. Baik kesehatan, mental, psikologis, serta ekonomi.

Pensiun dapat dijadikan sebagai momentum untuk beralih ke aktivitas baru yang sejatinya memiliki kemanfaatan sama seperti saat mengabdi sebagai PNS. Kembali ke keluarga dan berbaur dengan masyarakat. Salah satunya melalui kegiatan-kegiatan kemasyarakatan, baik memberi sumbangsih dalam bentuk pemikiran, tenaga, hingga pengorbanan secara materiil.

“Harapan saya, purnatugas tidak menjadi halangan untuk terus mengabdi kepada masyarakat dan negara,” pesannya.

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Wonosobo Maria Susiawati menyampaikan, acara penyerahan SK ini sebagai bentuk penghargaan dan ucapan terima kasih dari Pemkab Wonosobo kepada para PNS yang memasuki usia pensiun. “Ini merupakan wujud transparansi dari pemerintah makanya penting dilakukan meski dengan kemasan sederhana,” jelas Maria. (cr2/ton)