Buka Akses Antar-Desa

360
KERJA BAKTI: Anggota Polres Wonosobo tengah meratakan jalan penyambung antardesa di Kecamatan Watumalang. (SUMALI IBNU CHAMID/ JAWA POS RADAR KEDU)
KERJA BAKTI: Anggota Polres Wonosobo tengah meratakan jalan penyambung antardesa di Kecamatan Watumalang. (SUMALI IBNU CHAMID/ JAWA POS RADAR KEDU)

WONOSOBO –Polres Wonosobo bersama masyarakat Kecamatan Watumalang membuka jalan sepanjang 3 kilometer, penghubung antara Desa Pasuruhan dan Desa Wonoroto Kecamatan Watumalang. Semula, lebar jalur tersebut kurang dari 1 meter, namun kini sudah menjadi 4 meter.

Polres Wonosobo mengerahkan lebih dari 50 anggota gabungan dari Unit Dalmas Satsabhara, gabungan staf dan personel Polsek Watumalang. Di bawah pimpinan langsung Kapolres AKBP Muhammad Ridwan para polisi ini bersama warga sekitar bahu-membahu meratakan tanah untuk dibuat akses jalan akhir pekan lalu.

Kapolsek Watumalang AKP Sumanto menuturkan, pembangunan jalan ini bertujuan untuk memudahkan akses masyarakat Dusun Cepekan Desa Pasuruhan menuju ke Dusun Sayangan Kelurahan Wonoroto, yang terdapat akses jalan kecamatan. “Selama ini masyarakat hanya bisa berjalan kaki melewati jalur tersebut. Sehingga mereka kesusahan saat hendak membawa hasil buminya ke Pasar Kecamatan. Namun kini sudah bisa dilewati sepeda motor,“ katanya.

Melalui dibukanya akses jalan ini, diharapkan juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat dan menurunkan tingkat kriminalitas. “Pembukaan jalur jalan ini juga memudahkan Bhabinkamtibmas kami dalam melakukan kunjungan ke desa, sehingga secara tidak langsung juga membantu kami dalam menciptakan situasi kamtibmas,” ujarnya.

Saat ini jalur tersebut baru berupa tanah urug. “Kami bersama aparat desa dan kecamatan masih menunggu perkembangan dari jalan ini. Jika ke depan tanah urugan ini sudah mengeras, akan dibicarakan lagi untuk peningkatan kualitas jalannya,” jelas Sumanto. (ali/ton)