Sekolah Khawatir Server Putus Koneksi

489
SIMULASI: Siswi SMA Institut Indonesia Semarang tampak serius mengikuti uji coba Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di sekolahnya, kemarin. (Sheila Lestari G/Jawa Pos Radar Semarang)
SIMULASI: Siswi SMA Institut Indonesia Semarang tampak serius mengikuti uji coba Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di sekolahnya, kemarin. (Sheila Lestari G/Jawa Pos Radar Semarang)

SEMARANG – Sekolah di Semarang masih khawatir dengan beberapa persoalan yang mungkin terjadi saat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) nanti. Beberapa persoalan yang dikhawatirkan di antaranya pemadaman listrik dan server yang tidak terkoneksi dengan pusat.

”Yang menjadi kekhawatiran bukan lagi permasalahan komputer, tapi server yang tidak terkoneksi. Takutnya kalau loading lama karena penuhnya server yang digunakan saat pelaksanaan ujian nasional sehingga waktu terbuang sia-sia,” kata Kepala SMA Institut Indonesia, Wahyana di sela uji coba UNBK di sekolahnya, kemarin.

Menurut Wahyana, sekolah telah berupaya penuh dalam memfasilitasi pelaksanaan UNBK bagi siswa-siswinya. Baik dukungan mental maupun saran yang digunakan. ”Kami telah melakukan simulasi sejak jauh-jauh hari supaya anak tidak gugup dalam melaksanakan ujian nanti,” ujarnya.

Syarat yang harus terpenuhi dalam pelaksanaan UNBK adalah jumlah komputer minimal harus sepertiga dari jumlah siswa.

Tugas saat ini adalah menyiapkan mental anak agar tidak gaptek sehingga mengakibatkan siswa menjadi drop. Selain itu, adanya tambahan pelajaran dan materi agar anak siap dalam menghadapi UNBK.

Kukuh Adi, salah satu siswa kelas XII IPA 1 menuturkan adanya dampak plus minus dari sistem tersebut. ”Kalau positifnya kita jadi mengenal teknologi dan sisi negatifnya kasihan sekolah-sekolah yang memiliki keterbatasan teknologi jadinya masih banyak yang nggak ikut UNBK,” ungkapnya.

Harapannya, dengan adanya UNBK ini Indonesia semakin maju dan tidak tertinggal oleh negara lain dalam hal teknologi. ”Jadi ya aku seneng bisa ikut langsung dalam pelaksanaan UNBK,” pungkasnya. (mg29/ric/ce1)