Pasang Ratusan LPJU Baru

592
BIAR TERANG: Sejumlah pekerja sedang memperbaiki lampu penerang jalan umum yang rusak di jalan protokol Purwokerto. (DOK RADAR BANYUMAS)
BIAR TERANG: Sejumlah pekerja sedang memperbaiki lampu penerang jalan umum yang rusak di jalan protokol Purwokerto. (DOK RADAR BANYUMAS)

PURWOKERTO– Pemkab Banyumas berencana memasang 418 titik Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) baru. LPJU tersebut akan disebar di beberapa wilayah seperti Sumbang, Patikraja, Banyumas, Kemranjen, Ajibarang, Kalibagor, Jatilawang, dan beberapa kecamatan di wilayah Purwokerto.

“Sudah kami survei sebelumnya, dan informasi dari warga sekitar kalau malam sering terjadi kecelakaan karena kurangnya penerangan,” kata Kepala Seksi LPJU Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas, Agus Susanto.

Agus menuturkan, pemasangan LPJU di beberapa lokasi tersebut menggunakan anggaran sebesar Rp 3 miliar. Rencananya pemasangan LPJU akan dikerjakan mulai April mendatang. Ditargetkan, Lebaran mendatang, jalan-jalan yang selama ini masih gelap akan terang benderang. “Supaya saat Lebaran, penerangan jalan sudah siap dan tidak membahayakan pemudik saat melintas di jalan yang sebelumnya belum ada LPJU,” tuturnya.

Selain penambahan LPJU, Dinhub Kabupaten Banyumas juga rutin mengecek LPJU yang berada di seluruh wilayah Banyumas. Tahun ini, untuk pemeliharaan dan perbaikan, sudah dianggarkan dana sebesar Rp 1 miliar.

Agus menambahkan, mengawali tahun ini hingga pertengahan Februari sudah dijumpai dua ratus titik LPJU yang membutuhkan perbaikan. Jika LPJU sudah rusak, akan segera diganti. Meski memang ada yang hanya butuh perbaikan. “Selain melakukan pengecekan rutin, masyarakat juga bisa melaporkan jika menemukan kerusakan LPJU,” ujar Agus.

Agus pun mengimbau pada masyarakat agar dapat bersama-sama menjaga fasilitas umum, salah satunya LPJU. Sebab, fasilitas umum yang disediakan juga untuk menunjang kegiatan masyarakat. (ely/acd/jpg/ton)