Diminta Gandeng Peternak Lokal

424

SEMARANG – DPRD meminta Pemprov bisa menggandeng peternak sapi lokal yang ada di Jateng. Langkah tersebut menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas peternak. Karena selama ini, masyarakat Jateng masih belum sepenuhnya dilibatkan pemprov.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Jateng, Yudi Sancoyo mengatakan, sebenarnya potensi sapi di Jateng cukup besar. Bahkan, di sejumlah daerah sapi menjadi primadona dan sebagai harta yang berharga. Tetapi sayang, masyarakat masih belum memelihara dalam jumlah besar karena berbagai faktor. ”Ini bisa menjadi celah bagi pemprov untuk menggandeng masyarakat lokal untuk meningkatkan jumlah populasi sapi di Jateng,” katanya.

Ia menambahkan, dengan menggandeng peternak lokal populasi sapi akan meningkat cepat. Dengan begitu, kebutuhan daging di Jateng bisa terpenuhi tanpa harus melakukan impor atau mengambil dari daerah lain.

Dicontohkan, Blora merupakan salah satu kabupaten yang akan dijadikan lokasi pembibitan sapi peranakan ongole (PO) atau sapi lokal oleh pemprov. Sebab, Blora menjadi daerah penghasil sapi terbesar di Jateng bersama Grobogan dan Pati. ”Tetapi masyarakat masih belum sepenuhnya sadar akan pentingnya peternakan modern. Ini yang harus diperhatikan Pemprov Jateng,” tambahnya.

Pemprov diminta memaksimalkan potensi yang ada di Jateng untuk meningkatkan populasi sapi. Mengingat kondisi Jateng mendukung karena kebutuhan pakan pokok sapi tersedia begitu melimpah. Ia juga mendukung program inseminasi buatan yang dilakukan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian. ”Jika ini berhasil saya yakin Jateng bisa mengirimkan sapi keluar daerah karena produksi melimpah dan kebutuhan tercukupi,” tambahnya. (fth/ric/ce1)

Silakan beri komentar.