Sekartama Layani Talangan Haji

679
LIBURAN DI BALI : Pengundian program Sedulur Sekartama di Water land Weleri, kemarin. (BUDI SETYAWAN / JAWA POS RADAR SEMARANG)
LIBURAN DI BALI : Pengundian program Sedulur Sekartama di Water land Weleri, kemarin. (BUDI SETYAWAN / JAWA POS RADAR SEMARANG)

KENDAL—Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) Sekartama akan mulai melayani dana talangan haji dan umrah. Rencananya, dana talangan haji yang akan mulai Mei mendatang ini, dapat dinikmati anggota koperasi dengan setoran awal Rp 3,5 juta dan angsuran ringan sebesar Rp 600 ribu perbulan.

Demikian disampaikan Dewan Direksi Kospin Sekartama, Kristian Hardianto di sela pengundian doorprice program Sedulur Sekartama di Water Land, Weleri. Dalam program tersebut ada enam anggota Kospin Sekartama berangkat berhasil memenangkan hadiah utama berupa liburan ke Bali bersama pasangannya.

Kristian mengatakan program dana talangan haji dan umrah ini sifatnya untuk memudahkan masyarakat atau anggota Kospin Sekartama. Mengingat dua ibadah tersebut sekarang sudah menjadi kebutuhan umat Islam.

Dengan program tersebut, umat Islam di Kendal dan sekitarnya bisa mendaftarkan haji tanpa harus menunggu uang terkumpul hingga Rp 25 juta. “Melainkan cukup menyetorkan tabungan sebesar Rp 3,5 juta sudah bisa terdaftar calon jamaah haji dan mendapatkan kursi pemberangkatan,” tuturnya, kemarin (19/2).

Sedangkan untuk dana talangan umrah, saat ini Kospin Sekartama masih mencari biro tour and travel yang terpercaya. Sehingga tidak mengecewakan anggota Kospin Sekartama yang melaksanakan ibadah umrah. “Melalui dana talangan umrah ini,  anggota koperasi bisa berangkat umrah dengan cara mengangsur kekurangan setelah pemberangkatan atau menunggu sampai  tabungannya cukup untuk umrah,” paparnya.

Saat ini anggota Koperasi Sekartama telah mencapai 2.000 aktif, yang tersebar sembilan kantor cabang di Kendal dan Batang. Dengan aset mencapai Rp 100 miliar. “Grafik perkembangan kami, rata-rata naik 15-20 persen pertahun,” tuturnya.

Hal senada dikatakan Public Relation (PR) Kospin Sekartama, Leo Agung Fito. Ia menambahkan selain kegiatan koperasi, Kospin Sekartama juga aktif memberikan bantuan ke masyarakat melalui program Corporate Social Responsibilty (CSR). Di antaranya memberikan bea siswa bagi anak-anak kurang mampu dan anak berprestasi, pemberian bantuan kepada warga penderita cacat tetap. “Selain itu, perbaikan jalan dan fasilitas umum masyarakat lainnya,” tandasnya.

Agung Nugroho, warga Weleri mengakui jika Kospin Sekartama telah memberikan bantuan kemasyaratan yang cukup besar warga Weleri. Salah satunya pembangunan jalan rusak. “Kospin Sekartama tidak hanya mencari untung, tapi benar-benar ingin ini menyejahterakan anggotanya,” katanya. (bud/ida)