BPJS Kesehatan Jamin Kesehatan Mahasiswa

489

SEMARANG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, berupaya ikut menjamin kesehatan para mahasiswa melalui program kerjasama pengadaan kartu BPJS Kesehatan bagi para mahasiswa. Salah satu universitas yang sudah menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk pengadaan kartu BPJS Kesehatan ini adalah Poltekkes Semarang.

“Kami berharap program ini bisa membawa dampak positif bagi mahasiswa dan karyawan kampus,” ujar Bimantoro Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Semarang.

Dalam kerjasama ini, calon mahasiswa wajib menjadi peserta BPJS Kesehatan dengan menunjukkan kartu JKN-KISS. Bagi mahasiswa luar kota dengan kartu JKN-KISS masih ikut orang tua, akan ada petugas BPJS Kesehatan yang membantu mencarikan dokter keluarga. “Sedangkan bagi calon mahasiswa yang belum mempunyai kartu JKN-KIS akan dibuatkan petugas dari BPJS Kesehatan,” jelasnya.

Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang Sugiyanto menambahkan, selain mahasiswa para karyawan Poltekkes juga wajib menjadi peserta BPJS Kesehatan. Hingga saat ini, jumlah mahasiswa dan karyawan Poltekkes Kemenkes baik yang ada di Semarang dan dikota lain seperti Purwokerto, Magelang, Blora serta wilayah di Jateng lainnya ada sekitar 6.000 orang. (den/smu)