Ribuan Pelajar Perebutkan Beasiswa President University

1858
DAPAT PENGARAHAN : Sebelum try out mendapatkan pengarahan dari perwakilan manajemen Jababeka selaku penyelenggara try out di Pekalongan. (TAUFIK HIDAYAT)
DAPAT PENGARAHAN : Sebelum try out mendapatkan pengarahan dari perwakilan manajemen Jababeka selaku penyelenggara try out di Pekalongan. (TAUFIK HIDAYAT)

KAJEN – Sebanyak 1.050 pelajar dari 32 Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA) Negeri dan Swasta se-Kabupaten Pekalongan, mengikuti try out seleksi beasiswa untuk masuk President University periode 2016/2017 di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Jalan Mandurorejo Kajen, Kabupaten Pekalongan, Minggu (12/2) kemarin.

Meski hujan lebat turun sejak pukul 06.00, namun ribuan peserta tetap antusias datang ke lokasi ujian. Mereka tampak bersemangat mengikuti try out untuk memperebutkan beasiswa kuliah gratis di President University. Bahkan beberapa sekolah yang berada di daerah atas, datang ke lokasi ujian dengan menggunakan truk bak terbuka.

Para siswa kelas XII tersebut dikoordinasikan oleh pihak sekolah melalui pendaftaran online. Namun ratusan siswa lainnya datang sendiri dan mendaftar secara langsung atau offline, rela kehujanan hanya untuk bisa mengikuti try out tersebut.

Novita Dewi, sisi kelas XI yang berasal dari SMA Kandangserang mengaku berangkat dari rumah pukul 05.00 pagi, untuk bisa mengikuti try out yang memperebutkan beasiswa kuliah gratis di President University. Novita datang bersama 70-an siswa lainnya, dengan menggunakan kendaraan truk bak terbuka.

”Sengaja ikut try out ini, karena President University merupakan salah satu kampus unggulan di Indonesia. Jika lolos, bisa dapat beasiswa. Kebetulan, pihak sekolah juga memfasilitasi seluruh siswa untuk ikut, meski hanya menggunakan kendaraan truk bak terbuka,” kata Novita Dewi.

Acara baru dimulai pukul 08.00, lantaran hujan turun sangat lebat. Namun sebagian besar siswa sudah hadir sebelum pukul 07.00. Bahkan ketika pelaksanaan ujian masih berlangsung, tidak sedikit siswa yang baru datang, terutama siswa dari daerah Kecamatan Paninggaran, Lebakbarang dan Petungkriono.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Pekalongan, Ali Reza, membuka acara try out President University dengan didampingi Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMA, Bambang Wirudi, yang juga menjabat sebagai Kepala SMA Negeri 1 Bojong.

Ali Reza mengatakan bahwa para peserta seleksi adalah peserta dengan siswa unggulan atau terbaik di sekolahnya. Dirinya berharap kepada para peserta try out agar berusaha keras meraih prestasi beasiswa yang disediakan President University, yakni sebuah universitas bertaraf internasional.

”Para siswa yang ikut try out adalah siswa unggulan. Karena sebelumnya sudah bersaing dengan siswa lain di sekolah masing-masing. Kali ini, usaha yang lebih keras harus dilakukan agar bisa mendapatkan beasiswa kuliah, maka peserta harus bersungguh-sungguh mengerjakan soal ujian,” tutur Ali Reza.

Sementara itu, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA, Bambang Wirudi, menandaskan bahwa kepedulian President University dan Jababeka yang memfasilitasi siswa di Kabupaten Pekalongan patut diapresiasi. Karena memberikan peluang dan kesempatan pada siswa yang berprestasi, melalui try out dan memberikan beasiswa bagi siswa dengan nilai terbaik. ”Saya harap, kegiatan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Soal-soal ujian bisa dikerjakan maksimal dengan kepercayaan diri yang tinggi serta mengutamakan kejujuran,” tandas Bambang. (thd/bis/ida/ce1)