Ratusan Warga Bersihkan Rawa

1143
PEDULI LINGKUNGAN : Warga Desa Sayung Kecamatan Sayung melakukan gotong royong membersihkan rawa belakang pabrik. (Wahib.pribadi@radarsemarang.com)
PEDULI LINGKUNGAN : Warga Desa Sayung Kecamatan Sayung melakukan gotong royong membersihkan rawa belakang pabrik. (Wahib.pribadi@radarsemarang.com)

DEMAK-Ratusan warga Desa Sayung, Kecamatan Sayung melakukan gotong royong membersihkan lingkungan permukiman warga. Termasuk rawa-rawa di belakang pabrik di desa tersebut.

Kepala Desa Sayung, Munawir mengatakan bahwa kerja bakti bersama ini terus dilakukan untuk mengurangi dampak banjir yang berlangsung selama musim hujan ini. Seperti diketahui, banjir di wilayah Sayung salah satunya akibat banyaknya sampah yang menumpuk dan berserakan di saluran air. “Kami ajak warga bergotong royong supaya banjir dapat teratasi dengan baik,” katanya.

Sebelumnya, warga bersama petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Demak juga bekerja bakti meninggikan tanggul Sungai Dombo agar air sungai tidak meluber ke permukiman warga.

“Sudah banyak yang kami lakukan untuk menanggulangi banjir ini. Kami kerahkan warga agar mau melakukan gotong royong. Ini sebagai bentuk pemberdayaan terhadap warga,” ujar Munawir.

Menurutnya, di Desa Sayung tidak hanya menghadapi banjir hujan saja, namun warga juga direpotkan dengan banjir rob. Naiknya air laut ke permukiman warga tersebut cukup mengganggu aktivitas warga. “Ini akibat rob yang berlangsung bertahun-tahun,” katanya. (hib/ida)