KEREN : Ribuan kader melakukan koreografi membentuk tulisan Setia Megawati NKRI, di Lapangan Drh Soepardi, kemarin. (Mukhtar.lutfi@radarkedu.com)
KEREN : Ribuan kader melakukan koreografi membentuk tulisan Setia Megawati NKRI, di Lapangan Drh Soepardi, kemarin. (Mukhtar.lutfi@radarkedu.com)

MUNGKID – Sedikitnya 2.000 pengurus ranting PDI Perjuangan Kabupaten Magelang mengikuti apel siaga di Lapangan Drh Soepardi, Mungkid Kabupaten Magelang, Minggu (5/2). Melalui sebuah koreografi unik, mereka bertekad setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan setia pada Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Apel ini merupakan bagian dari kegiatan serupa yang serentak dilakukan di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah. Dalam apel ini, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Magelang ingin memberikan warna yang berbeda.

Melibatkan sedikitnya 1.000 orang, mereka membentuk koreografi usai kegiatan apel. Dengan berjajar rapi, mereka membentuk tulisan Setia Megawati NKRI dengan media papan yang telah disiapkan.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Magelang Sariyan Adi Yanto mengatakan aksi ini sebagai bentuk kesetiaan kepada Megawati. Juga setia mengawal negara dalam bingkai NKRI yang berideologi Pancasila.  “Apalagi saat ini negara kita sedang dilanda berbagai isu disharmonisasi hubungan antarmasyarakat, suku, ras dan agama,” kata Sariyan. Apel siaga ini, juga sebagai langkah meneguhkan dan mengkonsolidasikan semangat kader dan pengurus PDI Perjuangan menghadapi situasi terkini.

Terkait koreografi unik yang ditampilkan, Sariyan menambahkan bahwa ingin mengangkat semangat nasionalisme berbasis Pancasila. “Tulisan Setia Megawati dan NKRI itu kita letakkan di atas kepala sebagai bentuk bawa gerakan yang kita usung ini akan terus dijunjung sekuat tenaga oleh semua kader partai,” paparnya.

Panitia Apel Siaga M Yusuf Sakir menambahkan, dalam kegiatan ini, PDI Perjuangan menegaskan bahwa partainya berideologi Pancasila bukan komunis dan bukan PKI. “Jika ada yang mengatakan PDI Perjuangan gerakannya seperti PKI, saya kira salah besar,” katanya.

Apel siaga ini juga untuk semakin menjelaskan diri PDI perjuangan selalu menjaga Pancasila dimana keberagaman harus dihormati. Dia mengatakan pihaknya mengapresiasi seluruh struktur partai di Kabupaten Magelang  sudah bersedia mengikuti apel siaga ini. “Seluruh pengurus ranting (desa)  di Kabupaten Magelang hadir di sini dan semua siap menerima perintah Ibu Megawati,” papar Sakir. (vie/ton)