Jelang Unas, Beri Motivasi pada Anak

408
SIAPKAN MENTAL: Siswa SMP Negeri 2 Wonosobo mengikuti SBT di Sasana Adipura Wonosobo. (Ahmad.zainudin@radarkedu.com)
SIAPKAN MENTAL: Siswa SMP Negeri 2 Wonosobo mengikuti SBT di Sasana Adipura Wonosobo. (Ahmad.zainudin@radarkedu.com)

WONOSOBO – SMP Negeri 2 Wonosobo menyelenggarakan spiritual building training (SBT), Sabtu (4/2). Tujuan kegiatan tahunan ini untuk memantapkan siswa dalam menghadapi ujian nasional (unas) 2017 pada Mei mendatang.

Kegiatan diselenggarakan di dua tempat. Siswa beragama Islam mengikuti SBT di Sasana Adipura Wonosobo, sedangkan yang beragama Kristen dan Katolik dilaksanakan di aula sekolah dengan penyaji pendeta dari GKJ (Gereja Kristen Jawa). Sementara di Sasana Adipura, hadir Mustofa Al Kifli selaku penyaji SBT, Pengawas bidang pendidikan SMP Dikpora Parwanto, dan Ketua Komite Sekolah Heru Sutomo.

Kepala SMP Negeri 2 Wonosobo Ellna Amperawati menyampaikan, tujuan SBT adalah membangun kekuatan spiritual untuk mewujudkan peserta didik yang cerdas, mandiri, dan berkarakter. Termasuk memupuk spiritual siswa dalam menghadapi ujian, agar diberi ketenangan dan kemudahan.

Ellna mengharapkan pengertian orang tua untuk tidak memarahi putra putrinya apabila hasil try out sekolah kurang menggembirakan. Ia meminta orang tua agar dapat memantau dan memotivasi belajar putra-putrinya. “Upaya meningkatkan hasil ujian nasional tidak hanya dilakukan oleh kepala sekolah, namun juga guru, orang tua ,dan peserta didik,” kata Ellna.

Sementara Heru menyampaikan, untuk memajukan pendidikan dan SMP N 2 Wonosobo membutuhkan partisipasi semua pihak. Bentuk partisipasi tidak melulu dari segi biaya saja, namun pendampingan belajar juga mutlak diperlukan.

“Seperti yang telah disampaikan tadi peran orang tua sebenarnya sangat dibutuhkan. Dilihat dari persentasenya saja anak lebih banyak waktunya di rumah ketimbang di sekolah. Kalau di rumah, orang tua jadi gurunya,” kata dia. (cr2/ton)