Kaya Rempah, Pedasnya Mantap

Sup Buntut Garang Ganas

2013
Sop Buntut Garang Ganas (Sigit.andrianto@radarsemarang.com)
Sop Buntut Garang Ganas (Sigit.andrianto@radarsemarang.com)

SOP Buntut Garang Ganas. Olahan Sop Buntut dengan bumbu rempah pilihan ini, menghasilkan cita rasa kuat. Makanan ini hanya dapat ditemui di Hotel Horison NJ, Jalan MT Haryono nomor 32-38 Semarang.

Berbeda dari Sop buntut pada umumnya, Sop Buntut di sini disajikan dengan tampilan yang menggugah selera. Warna merah pekat, dengan minyak yang kuat menambah selera makan.

”Sop buntut ini dibuat dengan perpaduan antara rempah-rempah kering seperti cengkeh, buah pala, merica serta rempah basah, seperti kunyit, daun jeruk, dan serai. Memang yang ditonjolkan adalah makanan nusantara dengan rempah asli,” ujar Executive Cheff hotel Horison NJ, Apit Zen.

Selain rempah pilihan, sop buntut di sini dibuat dengan beberapa jenis cabe yang menjadikan makanan memiliki pedas yang kuat. Beberapa cabe yang digunakan di antaranya ada cabe teropong merah, cabe teropong hijau dan cabe rawit setan.

Cita rasa pedas memang sangat kuat di sop buntut olahan Cheff Apit ini. Namun, tidak perlu khawatir, karena Cheff Apit memiliki cara tersendiri untuk membuat sop buntut buatannya bercita rasa pedas yang nikmat. Rasa pedas diimbangi dengan rasa asam yang muncul dari jeruk nipis. Selain itu, ada sentuhan rasa manis pada sop buntut yang membuat makanan ini kian istimewa.

”Kombinasi rasa pedas, asam, manis. Pedas yang tinggi dikontrol dengan asam, sehingga tidak membuat mual dan tidak monoton. Justru kombinasi ini bisa membangkitkan selera,” jelasnya sembari menambahkan bahwa tingkat kepedasan bisa dipesan sesuai selera.

Kuah dan bumbu memang sudah oke. Selanjutnya, kata Cheff Apit, buntut segar yang digunakan sebagai bahan utama masakan ini diolah selama kurang lebih dua jam sehingga mampu menghasilkan daging yang empuk dengan tekstur lembut. ”Tapi bukan melalui presto. Dengan daging yang lembut ini membuat siapa saja bisa makan dengan mudah,” tegasnya.

Sop Buntut Garang Ganas disajikan dalam satu paket nasi, emping, acar dan sambal. Kombinasi rasa kuah yang mantab, dengan daging yang lembut membuat Sop Buntut Garang Ganas juara dalam rasa. (sga/ida)