Sakalputung-Kalibagor akan Dilebarkan

557
TUNGGU LELANG: Jalan penghubung Sakalputung dengan Kalibagor yang saat ini lebarnya 5 meter akan diperlebar menjadi 7 meter. (DOK RADAR BANYUMAS)
TUNGGU LELANG: Jalan penghubung Sakalputung dengan Kalibagor yang saat ini lebarnya 5 meter akan diperlebar menjadi 7 meter. (DOK RADAR BANYUMAS)

PURWOKERTO – Pelebaran jalan yang menghubungkan Sakalputung, Sokaraja dengan Kalibagor segera digarap. Saat ini, jalan kabupaten tersebut memasuki tahap perencanaan lelang.

Kepala Bidang Pembangunan Jalan DPU Kabupaten Banyumas, Achmad Taufik mengatakan, rencananya jalan akan dilebarkan 2 meter. Yakni masing-masing ada tambahan 1 meter di sisi kiri dan kanan jalan saat ini.

“Saat ini memasuki tahap persiapan dokumen untuk lelang. Target sekitar akhir Februari masuk ULP (Unit Layanan Pengadaan). Jadi diperkirakan akhir Maret bisa langsung kontrak,” kata dia.

Ia mengatakan, pelebaran jalan tersebut, tahun ini baru sebatas pengerjaan beton. Adapun anggaran yang digunakan sebesar Rp 3 miliar, bersumber dari APBD tahun 2017. “Rencananya baru akan dibeton dulu, belum sampai pengaspalan,” ujarnya.

Dengan adanya pelebaran jalan tersebut, diharapkan arus lalu lintas menjadi lebih lancar. Sebab, jalan tersebut merupakan jalur alternatif yang kerap digunakan pengguna jalan dari arah Jogjakarta menuju Purwokerto maupun ke wilayah barat, seperti Jakarta dan Bandung.

“Jalan tersebut biasanya ramai pada saat Idul Fitri atau musim liburan,” ujarnya.

Ia menambahkan, jalan tersebut saat ini memiliki lebar sekitar 5 meter sepanjang 4 kilometer. Dengan adanya pelebaran, badan jalan akan menjadi 7 meter. “Mudah-mudahan bisa cepat dikerjakan. Mohon dukungan dari masyarakat biar semuanya lancar,” tambahnya. (why/acd/jpg/ton)