13 Sekolah Siap Gelar UNBK

817
PASANG INTERNET: Pegawai dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang tengah memasang instalasi jaringan LAN di ruang laboratorium SMP Negeri 6 Magelang, Jumat (3/2). (Hanif.adi.prasetyo@radarkedu.com)
PASANG INTERNET: Pegawai dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang tengah memasang instalasi jaringan LAN di ruang laboratorium SMP Negeri 6 Magelang, Jumat (3/2). (Hanif.adi.prasetyo@radarkedu.com)

MAGELANG – Beberapa perlengkapan jelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri mulai dipersiapkan. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang berharap pemasangan instalasi jaringan LAN sudah selesai H-2 atau sebelum simulasi perdana pada 25 Februari 2017 digelar.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang Saryanto menuturkan, tahun ini ada 13 SMP negeri yang menggelar ujian semi online. Dari 13 sekolah tersebut, 6 di antaranya sudah siap menggelar simulasi.

”Kami sekarang fokus pemasangan jaringan LAN untuk 7 sekolah. Sehingga harapan ke-13 sekolah bisa serentak menggelar ujian berbasis komputer,” tutur Saryanto saat ditemui di ruangannya, Jumat (3/2).

Kasubag Program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang Danang Susilandono menjelaskan, pihaknya tengah bekerja membantu pemasangan jaringan LAN untuk 7 sekolah. Yakni SMPN 3, SMPN 5, SMPN 6, SMPN 9, SMPN 10, SMPN 11 dan SMPN 12 Magelang.

”Untuk SMPN 11 sudah dipasang kemarin (Kamis, 2/2) dan hari ini (kemarin, red) di SMPN 6 dan besok (hari ini, red) di SMPN 3 Magelang,” jelasnya saat disambangi di ruang laboratorium SMPN 6 Magelang.

Setelah jaringan LAN terpasang dengan baik, ketujuh sekolah tinggal menerima bantuan komputer dari Pemerintah Kota Magelang. Harapannya, sebelum latihan atau simulasi perdana pada 25 Februari digelar, perlengkapan UNBK lainnya seperti komputer dan server sudah terpasang. ”Harapan kami, di simulasi pertama, siswa bisa mengoptimalkan jadwal simulasi UNBK yang ada,” paparnya.

Masih menurut Danang, simulasi nanti dinilai sangat penting atau menjadi barometer kesuksesan menghadapi UNBK yang sesungguhnya. Sebab, dari simulasi akan diketahui kendala atau di mana persoalan yang terjadi dan langkah antisipasi di ujian nasional besok. “Secara psikis, simulasi ini mengkondisikan anak-anak. Minimal mereka tahu situasi pelaksanaan UNBK. Semua akan diperjelas dengan mengikuti simulasi,” kata Danang. (cr1/ton)