SALATIGA—Jumlah tahanan dan narapidana penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB, Kota Salatiga yang bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pilwalkot Salatiga 2017 masih rancu. Berdasarkan Daftar Pemilih Tetap, dari 139 penghuni, ada 39 yang memiliki hak pilih. Tapi berdasarkan keterangan petugas rutan, ada 60 orang yang akan mencoblos pada 15 Februari mendatang.

“Pemilih di rutan sesuai DPT ada 39 orang Mas. Untuk sosialisasinya akan diadakan Selasa (7/2) mendatang,” kata Anggota Divisi Perencanaan Data pada KPU Kota Salatiga, Syaemuri Albab, Kamis (2/2).

Sementara itu, Kasubsi Pengelolaan Rutan Klas IIB Salatiga Agus Wijayanto menjelaskan, ada 60 orang yang memiliki hak pilih. Untuk pencoblosannya akan dilaksanakan di Tempat Pemugutan Suara (TPS) 36.

“Warga binaan rutan baik narapidana maupun tahanan itu memiliki hak memilih dan dipilih selama hak itu tak dicabut oleh putusan pengadilan sebelumnya,” kata Agus.

Ia menjelaskan, rutan sebagai instansi yang membina para tahanan dan narapidana harus tetap memberikan hak asasi untuk memberikan suara dalam pilwalkot. Agus juga berharap, warga binaannya bisa menggunakan hak pilihnya. (jks/ton)