SERAHKAN DIPA: Kapolres Demak AKBP Sonny Irawan menyerahkan Dipa anggaran 2017 kepada Karo Rena Polda Jateng Kombes Pol Arbertus Samle Sitorus diruang Rupatama Polres Demak, kemarin. (Wahib.pribadi@radarsemarang.com)
SERAHKAN DIPA: Kapolres Demak AKBP Sonny Irawan menyerahkan Dipa anggaran 2017 kepada Karo Rena Polda Jateng Kombes Pol Arbertus Samle Sitorus diruang Rupatama Polres Demak, kemarin. (Wahib.pribadi@radarsemarang.com)

DEMAK– Polres Demak telah mengusulkan pembangunan gedung baru Mapolsek Sayung ke Polda Jateng. Sedianya, pembangunan tersebut menelan biaya sebesar Rp 1,7 miliar. Hal ini disampaikan Kapolres Demak AKBP Sonny Irawan saat memaparkan sosialisasi daftar isian pelaksanaan angagran (Dipa) Polres Demak 2017 di ruang Rupatama Mapolres Demak, kemarin.

Kapolres menyampaikan, bahwa pembangaunan kantor Polsek Sayung sangat mendesak dilakukan, karena sering tergenang banjir rob dan banjir saat hujan deras. Selain itu, ketinggian jalan raya dengan Mapolsek tidak sebanding atau lebih tinggi sehingga air kerap masuk. “Posisi Mapolsek Sayung juga sangat strategis mengingat banyak pelaku usaha atau pabrik yang ada di Kecamatan Sayung. Karena itu, perlu bangunan gedung baru,” ujar Kapolres.

Selain Polsek Sayung, Polres Demak juga mengusulkan pembangunan gedung pertemuan Polres Demak dengan dana hibah Rp 1,9 miliar dari Pemkab Demak. Rencananya, pembangunan gedung tersebut menempati lahan lapangan tembak yang ada di Mapolres Demak. “Kita juga butuh pos penjagaan. Selama ini pos jaga menyatu dengan ruang SPKT,” katanya.

Sonny Irawan memaparkan, Dipa Polres Demak 2017 nilainya mencapai Rp 80 miliar. Dengan rincian untuk belanja pegawai 61.759.119.000, untuk belanja modal sebesar Rp 157.864.000, dan untuk belanja barang sebesar Rp 18.103.791.000. Total Rp 80.020.774.000. Jumlah tersebut ada kenaikan 7,19 persen dibandingkan Dipa tahun 2016 dengan total sebesar Rp 74.650.460.000. Yakni, dengan rincian untuk belanja pegawai Rp 57.150.204.000, belanja modal Rp 30.000.000 dan belanja barang Rp 17.470.256.000.

Karo Rena Polda Jateng Kombes Pol Arbertus Samle Sitorus mengungkapkan, usulan Polres Demak dinilai sangat baik untuk melengkapi sarana prasarana yang ada. Dengan demikian, pelaksanaan tugas baik di Polres maupun Polsek dapat terakomodir. “Usulan terkait pembangunan Polsek Sayung  itu tergantung dengan kemampuan negara untuk memberikan anggaran. Meski demikian, usulan tersebut akan tetap menjadi prioritas,” jelasnya.

Sedangkan, untuk pembangunan gedung pertemuan, hal itu dapat dikomunikasikan dengan Pemkab Demak dan DPRD setempat.  Kabid Keuangan Polda Jateng Kombes Pol R Bambang Ricky Sidonarto menambahkan, agar pelaksanaan anggaran berjalan lancar, maka perlu membuat rencana kegiatan harian, mingguan maupun bulanan. “Serapan anggaran harus dapat dipertanggungjawabkan. Kalau ada dana hibah, segera laporkan ke Polda,” katanya. (hib/zal)