Dewan Mulai Godok Raperda Kesehatan

457

MAGELANG-DPRD Kota Magelang berencana membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kota Magelang tentang Sistem Kesehatan. Perda tersebut sudah masuk ke dalam program legislasi daerah (prolegda) 2017.

Ketua Komisi B DPRD Kota Magelang, Waluyo, menyampaikan, untuk membahas Raperda tersebut, pihaknya akan menggandeng beberapa pemangku kepentingan dari unsur pemerintahan dan akademisi.

“Nantinya akan banyak yang terlibat dalam pembahasan Raperda ini. Seperti Dinas Kesehatan, Puskesmas, akademisi, dan masyarakat.” Untuk akademisi, DPRD akan mendatangkan dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. “Sehingga harapan kami, Raperda ini benar-benar berkualitas,” ucapnya, kemarin.

Perda ini nantinya akan mengandung kearifan lokal yang ada di Kota Magelang, terkait informasi kegiatan kesehatan, pengobatan, pelayanan, dan kepegawaian. Ia mengklaim, terkait kesehatan, kondisi Kota Magelang sudah cukup baik. “Namun di beberapa daerah sudah punya Perda tentang Sistem Kesehatan dan kita belum punya.”

Raperda ini nantinya akan menjadi dasar bagaimana pelayanan di Kota Magelang bisa lebih baik. Mulai dari pengobatan, pengupahan, dan lainnya. (put/jpg/isk)