PDIP Targetkan Menang di 5 Daerah

668
Bambang Kusriyanto (Ricky.fitriyanto@radarsemarang.com)
Bambang Kusriyanto (Ricky.fitriyanto@radarsemarang.com)

SEMARANG – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jateng menargetkan kemenangan di 5 dari 7 kabupaten/kota yang menggelar pilkada pada 15 Februari nanti. Menjelang hari pencoblosan, partai berlambang banteng moncong putih tersebut tengah mempersiapkan pembekalan saksi yang akan ditempatkan di setiap tempat pemungutan suara (TPS).

Sekretaris DPD PDIP Jateng Bambang Kusriyanto mengatakan target kemenangan dari DPP adalah kemenangan di 4 kabupaten/kota. Namun pihaknya berusaha untuk meraih kemenangan di 5 daerah. ”Dua kabupaten/kota lain kita prediksi ada yang pertarungannya berat, ada yang ringan,” ujar pria yang akrab disapa Bambang Kribo tersebut.

Bambang yang juga Ketua DPRD Kabupaten Semarang itu enggan menyebut 5 kabupaten/kota yang ditargetkan menang pilkada. Tujuh wilayah di Jateng yang menggelar pilkada serentak tahun ini adalah Kota Salatiga, Kabupaten Jepara, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Pati, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Brebes.

Dia menambahkan pihaknya tengah mempersiapkan pembekalan saksi dan tim sukses. Para saksi nantinya akan ditempatkan di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS). Mereka bertugas mengawal perolehan suara dan mengantisipasi kecurangan. ”Jumlah saksi di tiap-tiap TPS untuk masing-masing daerah tidak sama,” imbuhnya.

Para saksi juga bertugas mencatat perolehan suara, sehingga formulir C1 pada hari H diharapkan sudah terkumpul seluruhnya di kantor DPC. Menurutnya, ada DPC yang akan langsung menggelar hitung cepat. Sementara Tim Garuda dari DPD PDIP Jateng juga akan diturunkan untuk menerima data perolehan suara via SMS dari masing-masing kabupaten/kota. ”Sehingga sore hari diharapkan hasil pilkada sudah bisa diketahui,” tandasnya.

Mendekati hari pemungutan suara yang tinggal setengah bulan lagi, PDIP juga akan mengefektifkan kerja tim sukses di masing-masing RT. Ada 2 hingga 3 orang tim sukses di setiap RT. ”Kami juga akan menurunkan satgas anti money politics yang telah disiapkan,” ujarnya.

Ketua Desk Pilkada DPD PDIP Jateng Agustina Wilujeng menambahkan, pelatihan kepada para saksi saat ini sudah memasuki tahap akhir. Para saksi tersebut berasal dari ranting hingga PAC. ”Di setiap TPS kami tempatkan 2 saksi dan 10 penjaga untuk mengantisipasi kecurangan,” kata Bendahara DPD PDIP Jateng tersebut. Ada juga regu penggerak pemilih dan para relawan yang akan turun guna mencegah praktik politik uang.

Calon Bupati Banjarnegara Wahyu Kristianto yang diusung PDIP-PAN mengatakan dari 18.000 saksi yang telah diseleksi, sebanyak 13.000 di antaranya telah mengikuti pembekalan. ”Mereka nantinya akan diturunkan di 1.742 TPS yang ada di Banjarnegara,” ujar Wahyu yang berpasangan dengan Calon Wakil Bupati Saeful Muzad tersebut. (ric/ce1)