Jateng Raih Penghargaan WTN Ke-4

614
TERBAIK TATA LANTAS: Wapres Jusuf Kalla berfoto dengan para kepala daerah peraih Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) Wiratamtama 2016 di Istana Wapres, kemarin. (DISKOMINFO JATENG FOR JAWA POS RADAR SEMARANG)
TERBAIK TATA LANTAS: Wapres Jusuf Kalla berfoto dengan para kepala daerah peraih Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) Wiratamtama 2016 di Istana Wapres, kemarin. (DISKOMINFO JATENG FOR JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Pemprov Jateng kembali meraih Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) Wiratamtama 2016 atas prestasinya membina kabupaten/ kota dalam menata lalu lintas yang baik. Penghargaan itu merupakan kali keempat yang diperoleh sejak 2013 lalu.

Piala WTN diserahkan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (31/1). Selain gubernur, penghargaan juga diberikan kepada Kapolda Jateng dan Kepala Dinas Perhubungan Jateng.

Gubernur Ganjar Pranowo melalui Sekda Jateng Sri Puryono menyampaikan apresiasi positif terhadap penghargaan yang diraih provinsi ini, bersama tujuh provinsi lain, yakni Jatim, Jabar, DIJ, Sumbar, Sumsel, Riau, dan Bali. Meski sudah kali keempat didapatkan, penghargaan itu tetap istimewa. Semua itu tidak lepas dari peran aktif masyarakat, dan kinerja jajarannya yang semakin meningkat. Terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

”Kita sudah berkali-kali mendapat penghargaan itu. Luar biasa buat kita. Itu menunjukkan di sektor perhubungan, khususnya transportasi, kita bisa me-manage dengan baik,” ujarnya.

Ditambahkan, poin unggulan Jateng hingga meraih penghargaan WTN, antara lain menyangkut ketertiban berlalu lintas, pengaturan jalur trayek, kedisiplinan pengemudi, pengaturan lalu lintas beserta penunjuk arahnya, dan lain-lain. Peran aktif masyarakat, menurut Sri Puryono, menjadi kunci utama. Tentunya, dengan dukungan semua pihak, termasuk dari kepolisian. Dia berharap, budaya tertib berlalu lintas masyarakat terus ditingkatkan, baik perilaku di jalan raya, maupun kelengkapan fisik serta surat-surat kendaraan. Bukan kaitannya dengan perolehan penghargaan, tapi lebih pada mewujudkan keamanan dan kenyamanan berlalu lintas. ”Yang lebih penting, masyarakat disiplin dan tertib berlalu lintas. Sehingga semuanya merasa nyaman. Angka kecelakaan terus menurun,” tegas Sekda.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Jateng Satriyo Hidayat didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jateng Dadang Somantri menambahkan penghargaan WTN keempat diberikan berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 588 Tahun 2016 tanggal 23 September 2016 tentang penerima penghargaan WTN untuk pemprov, kabupaten/ kota 2016. Penghargaan diberikan atas keberhasilan dalam mengelola dan pengembangan lalu lintas dan angkutan jalan serta dalam membina kabupaten/ kota dalam bidang lalu lintas dan angkutan jalan. (ric/ce1)