SALATIGA-Angka kecelakaan lalulintas di wilayah hukum Polres Salatiga per Januari ini turun drastis dibanding tahun sebelumnya. Di bulan pertama tahun ini, tercatat hanya ada 5 kejadian. Angka kecelakaan tersebut menurun dibanding periode Januari 2016 lalu yang jumlahnya mencapai 18 kejadian.

Kasat Lantas Polres Salatiga AKP Edy Sutrisno menjelaskan, menurunnya angka kecelakaan lalu lintas ini tak lepas dari pelaksanaan sejumlah program serta peran masyarakat. Antara lain blue light patrol, bantuan patroli zona dan backbone polsek, cek rem khusus truk muatan berat, manajemen daerah rawan kecelakaan lalu lintas, sosialisasi pelopor keselamatan dan program peduli keselamatan berlalu lintas.

“Sejumlah program tersebut mendapat respon positif masyarakat dan terbukti mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas,” jelas Edy.

Ia memaparkan, sepanjang 2016 lalu, total kecelakaan yang terjadi di Kota Salatiga ada137 kejadian. Sedangkan pada 2015 ada 173 kejadian. Artinya mengalami penurunan sekitar 36 kejadian.

Berdasarkan evaluasi, sebagian besar kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia. Sebagian lainnya disebabkan oleh faktor teknis kendaraan bermotor seperti rem tidak berfungsi atau blong.

“Tingkat kepatuhan pengendara kendaraan bermotor dalam menaati peraturan lalu lintas memang masih kurang,” tandasnya. (sas/ton)