Tuntut Pembubaran FPI

3147
TETAP NKRI: Para mahasiswa membentangkan spanduk berisi penolakan terhadap FPI. (Dok Humas Polres Kebumen)
TETAP NKRI: Para mahasiswa membentangkan spanduk berisi penolakan terhadap FPI. (Dok Humas Polres Kebumen)

KEBUMEN –Belasan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kebumen menggelar aksi penolakan terhadap organisasi Front Pembela Islam (FPI), Sabtu (28/01). Aksi digelar di depan kantor Cabang Nahdatul Ulama (NU) Jalan Kusuma No 73 Kebumen dan mendapatkan penjagaan dari aparat Polres Kebumen. Pada saat bersamaan, juga ada acara Harlah ke-91 NU yang dihadiri ribuan jamaah.

Dalam aksi damai tersebut, mahasiswa menuntut pemerintah membubarkan FPI karena dianggap meresahkan dan mengancam keutuhan NKRI. Sejumlah spanduk bertuliskan penolakan terhadap FPI, serta NKRI Harga Mati dibentangkan dalam aksi itu.

Kasubbaghumas Polres Kebumen AKP Willy Budiyanto yang mewakili Kapolres Kebumen AKBP Alpen mengatakan, hingga acara harlah usai, aksi orasi serta pengajian akbar berjalan kondusif. Dikatakan Willy, mengungkapkan pendapat di muka umum diperbolehkan, sepanjang aksi itu sesuai aturan yang ada. “Karena saat ini yang berkaitan dengan FPI sedang ramai diperbincangkan, maka aksi itu (orasi mahasiswa) harus kita kawal supaya berjalan sebagaimana mestinya,” jelas Willy. (*/jpg/ton)