Sita Puluhan Benda Berbahaya

474
CEGAH KABUR : Berbagai benda berbahaya yang disita dari penghuni rutan Banjarnegara. (Dok Radar Banyumas)
CEGAH KABUR : Berbagai benda berbahaya yang disita dari penghuni rutan Banjarnegara. (Dok Radar Banyumas)

BANJARNEGARA—Polisi menemukan berbagai barang terlarang yang disimpan penghuni rumah tahanan (rutan) Banjarnegara. Razia digelar pekan lalu untuk mencegah kaburnya narapidana (napi) dan tahanan dari dalam rutan.

“Saat ini jumlah tahanan di Rutan Banjarnegara sebanyak 119 orang, terdiri dari tahanan titipan pria 68 orang dan 1 orang tahanan perempuan. Ditambah jumlah narapidana sebanyak 49 orang,” kata Kapolres Banjarnegara AKBP Saiful Anwar melalui Kabag Ops Kompol Pri Haryadi. Para tahanan ini menempati 21 kamar yang tersedia.

Dari razia yang diikuti 87 personel ini, petugas gabungan menyita banyak barang-barang yang bisa membahayakan jika disalahgunakan. Antara lain 14sendok stainless steel, 1 batu, 5 jepitan kuku. Kemudian 3 paku, 4 tali tambang, 2 silet, 1 penggaris besi, 3 kawat berbentuk kunci, 1 gembok kunci, 1 pinset rambut, 3 ikat pinggang, 1 gelang rantai aluminium, 37 korek api bensol, 1 jarum jahit dan 1 sikat gigi dengan ujung yang sudah diruncingkan.

Barang-barang tersebut langsung disita. Sebab bisa digunakan sebagai alat untuk kabur dan juga rawan disalahgunakan jika terjadi kerusuhan di dalam rutan. Pri berharap, setelah razia ini, kondisi di dalam rutan lebih kondusif. Sebab barang-barang yang bisa membahayakan sudah disita oleh petugas. (drn/din/jpg/ton)