SEMARANG – Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Surat Izin Mengemudi (SIM) Polrestabes Semarang menempati gedung baru. Menurut rencana, gedung ini akan diresmikan oleh Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian, bersamaan peluncuran program Aplikasi Smile Police Polda Jateng, Jumat (3/2) mendatang.

Gedung baru ini berada di Jalan Letjend Soeprapto atau kawasan Kota Lama, merupakan tempat Satpas Adiministrasi lama yang telah selesai direnovasi. Gedung baru ini akan ditempati mulai Senin (30/1) hari ini. Sebelum menempati gedung baru, Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Surat Izin Mengemudi (SIM) berpindah sementara di Kompleks Gedung Olahraga Manunggal Jati, Pedurungan. ”Adanya gedung baru ini diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat dalam melaksanakan pembuatan atau perpanjangan SIM,” ungkap Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Catur Gatot Effendi, kemarin.

Catur menegaskan, gedung Satpas SIM baru ini merupakan bantuan dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri. Diharapkan masyarakat dapat melakukan proses pembuatan sesuai prosedur dan ketentuan yang telah ditetapkan. ”Pembuatan SIM dari pemeriksaan kesehatan, ujian Audio Visual (teori) dan Ujian Praktik baik motor ataupun mobil bisa dilakukan di sini. Intinya akuntabilitas pembuatan SIM bisa dipertanggungjawabkan,” tegasnya.

Kasubag Humas Polrestabes Semarang Kompol Suwarna menambahkan adanya gedung baru ini diharapkan bisa memberikan kemudahan dan pelayanan kepada masyarakat. Tak kalah pentingnya, pada pelayanan ini juga diharapkan tidak adanya pungutan liar. (mha/smu/ce1)