Kenalkan XM Concept di Pasar MPV

4183
TAMPIL MEMIKAT : Model berpose disamping mobil Mitsubishi XM Concept yang dipamerkan di Mal Paragon. (Adennyar.wycaksono@radarsemarang.com)
TAMPIL MEMIKAT : Model berpose disamping mobil Mitsubishi XM Concept yang dipamerkan di Mal Paragon. (Adennyar.wycaksono@radarsemarang.com)

Pabrikan mobil asal Jepang berlogo tiga berlian, Mitsubishi siap meramaikan pasar otomotif tahun ini. Belum lama ini melalui PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor (KTB), distributor resmi Mitsubishi mengenalkan kendaraan konsep terbaru yang diberi nama Mitsubishi XM Concept di Atrium Mal Paragon.

Head of MMC Sales & Marketing Group PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Imam Choeru Cahya mengatakan mobil yang masih bertatus konsep tersebut merupakan pengembangan dari small MPV yang digabungkan dengan kenyamanan khas mobil SUV. “Mobil ini masih konsep, namun jika diproduksi massal perubahannya mungkin tidak banyak, hanya sekitar  85 persen saja,” katanya.

Melihat dari segi desain, lanjut dia, mobil yang akan diproduksi di Indonesia dan rencananya akan di launching kwartal keempat tahun 2017 ini didesain untuk keluarga besar Indonesia dengan memadukan  fungsionalitas dan desain dari sebuah SUV. “Desain bagian depan mengadopsi konsep desain Mitsubishi Motors yaitu Dynamic Shiels. Sedangkan bagian samping memiliki guratan tegas dengan kesan kokoh dan sporty,” tuturnya.

Eksterior mobil pada bagian samping dibentuk dengan desain fender yang mencolok dengan pahatan garis tegas dan berkarakter. Sehingga tampilan kokoh dan sporty khas SUV bisa terlihat. Di sisi lainnya, perpindahan cab point ke bagian depan memperpanjang alur garis desain dari kap mesin ke atap kendaraan. “Garis desain mengalir ke belakang kendaraan, sebagai tambahan desain mengapung D-pilar mengeksprasikan tampilan free flow dari sebuah MPV,” bebernya.

Guratan tegas juga terlihat di lampu utama yang meruncing yang telihat futuristik. Penambahan lampu pada bagian bumper depan pun kian menambah kesan kokoh mobil tersebut, ditambah lagi dengan paduan grill dan emblem berlogo tiga berlian dua warna. Yakni hitam dan chrome membuat mobil terkesan lebih mewah. “Ground clearance yang tinggi dengan perlindungan under guard di semua sisi bodi bagian bawah membuat kendaraan aman dari jalan bergelombang,” tukasnya.

Masih dari segi eksterior, pada prototype menggunakan panoramic glass roof dari depan hingga belakang. Namin Imam menegaskan jika diproduksi secara massal, panoramic glass roof akan ditanggalkan, karena menyesuaikan agar bisa masuk sesuai dengan segmentasinya.

Penempatan knalpot pada mobil XM Concept hampir sama dengan Outlander Sport, sehingga membuat mobil terlihat futuristik. “Karena dibuat di Indonesia, konten lokal dan ongkos produksinya lebih ditekan. Agar sesuai dengan segmen,” lanjutnya lagi.

Berpindah ke sisi interior, mobil concept ini terlihat elegan yang merupakan penggabungan antara gaya SUV namun memiliki fungsi MPV. Jika memang tidak ada perubahan, mobil yang mampu mengangkut 7 penumpang ini tentunya akan diminati, apalagi melihat sasaran yang akan disasar adalah Low MPV dan pengemasan interior serta eksteriornya dibangun dengan apik. Sementara untuk bagian mesin, menurut informasi akan mengusung mesin bertenaga 1500 cc.

“Untuk spsesifikasi rincinya belum bisa dibuka, untuk nama pun juga sama, masih belum bisa dibuka, yang jelas tidak jauh berbeda dengan mobil konsep yang dipamerkan dan kami akan menyesuaikan segmen serta pangsa pasarnya,” tutupnya. (den/ric)