Dewan Pendidikan Harus Maksimal

325

SALATIGA – Kepengurusan Dewan Pendidikan Kota Salatiga dikukuhkan Pj Wali Kota Salatiga Ahmad Rofai di Gedung Sekretariat Daerah Kota Salatiga, Kamis (26/1). Dalam sambutannya, Rofai berharap Dewan Pendidikan dapat berperan dalam mendorong kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pendidikan, agar cita-cita pencapaian standar mutu pendidikan segera terwujud.

“Kota kita telah dicanangkan sebagai kota pendidikan, karenanya kita semua, utamanya insan pendidikan harus bekerja keras untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan mengacu kepada 8 standar mutu pendidikan nasional, mulai dari standar kompetensi lulusan sampai dengan standar penilaian pendidikan,” urai Rofai.

Ia juga mengingatkan, Dewan Pendidikan mempunyai peran strategis antara lain advisory yaitu memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan. Supporting atau memberikan dukungan tenaga, sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pendidikan.

“Selain itu, dewan pendidikan juga mempunyai peran controlling yaitu melakukan pengawasan dalam rangka transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pendidikan dan juga peran mediator yaitu melakukan mediasi antara pemerintah dan DPRD dengan masyarakat,” jelas Rofai.

Lebih jauh, Rofai juga berpesan agar seluruh jajaran Dewan Pendidikan untuk menjalankan tugas sebaik-baiknya. “Koordinasi dengan stakeholder terkait, supaya yang dicita-citakan bersama yaitu mewujudkan pendidikan yang berkualitas dapat terwujud,” pesan dia.

Terpisah, Kabag Humas Sri Satuti menjelaskan, Dewan Pendidikan Kota Salatiga terdiri dari 11 orang yang telah lolos seleksi administrasi dan seleksi wawancara pada 24 Desember 2016 lalu. “Dewan Pendidikan ini terdiri dari beberapa unsur yaitu pakar pendidikan, pengusaha, yayasan, serta organisasi profesi. Bertindak selaku ketua adalah Dr Miftahudin,” jelas Sri Satuti. (sas/ton)