Roket Air SMP N 2 Sabet Juara di ITB

631

SEMARANG – Tiga siswa SMP N 2 Semarang, berhasil menyabet juara I dalam ajang Aero Creation yang digelar di Institut Teknologi Bandung (ITB), Minggu (22/1) pekan lalu. Hasil karyanya yang berhasil mengantarkan juara adalah roket air yang mampu meluncur sejauh 71 meter.

Ketiga siswa tersebut adalah Aditia Ibni Abadi, Faris Misbahul Ma’ruf, dan Rigel Adika Putra. Roket yang mereka ciptakan tidak mampu dikalahkan tim sekolah lain. ”Roket air kami, sebenarnya bisa meluncur lebih 71 meter tapi karena kita sedikit melenceng jadi dipotong sepuluh persen angkanya,” kataya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (26/1) kemarin.

Sementara itu, Rigel menambahkan, agar roket bisa meluncur jauh, dibutuhkan pengaturan sudut dan berat roket yang tepat. Selain itu mereka menggunakan dua tabung launcher, sementara tim lain hanya punya satu tabung. ”Sudut saat peluncuran 45 derajat dan bebannya harus lebih berat yang depan jadi bisa lebih jauh dan lurus,” imbuhnya.

Untuk membuat roket air, lanjut Rigel, mereka menggunakan  botol minuman soda bekas lantaran botol minuman soda  mampu memberikan tekanan udara yang lebih kuat dibanding botol biasa. ”Bahannya selain botol soda dengan  diameter 30 sentimeter, fiber, polikarbonat, dan pipa paralon ukuran 1/4 inci untuk tabung launcher,” bebernya.

Timnya menghabiskan biaya sekitar Rp 300 ribu untuk empat buah roket. Namun hanya satu roket saja yang mampu meluncur dan membawa mereka keluar sebagai juara. ”Kami sebelumnya sudah berlatih, tapi nggak nyangka bisa menang. Apalagi roket buat lomba kemarin dibuat hanya sekitar dua harian saja,” pungkasnya. (den/zal/ce1)