Lomba Gamelan Tingkat SMA/SMK

377

SEMARANG Menampung minat dan bakat siswa SMA/SMK/MA sederajat dan mahasiswa, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) kembali menggelar Dinus Festival (Dinusfest) 2017 dengan tema Together We Achieve The Extraordinary, mulai Selasa (24/1) hingga Kamis (26/1).

Tahun ini total ada sekitar 2.599 peserta dari 131 sekolah dan 19 kabupaten kota. Namun salah satu lomba yang menarik perhatian adalah, lomba gamelan tingkat SMA/SMK sederajat.

”Udinus mempertandingkan beberapa lomba, di antaranya lomba fotografi, web design, essay competition, English competition, poster digital, fun boulder, volley ball, basket ball, taekwondo, juga ada lomba gamelan dan tari tradisional sebagai misi melestarikan kebudayaan lokal,” kata Wakil Rektor 2 Udinus Dwiarso Utomo.

Sebelum lomba gamelan dimulai, panitia mendapatkan tamu kehormatan yang berasal dari California Amerika, Suni Petersen yang merupakan salah satu Profesor dari Alliant International University. Suni berkesempatan belajar menabuh gamelan bersama karyawan Udinus. ”Kita bermaksud mengajak generasi muda untuk turut nguri-uri budaya Jawa yang kian tersisih,” ujar Dekan Fakultas Teknik Yuliman Purwanto. (den/zal/ce1)