SEMARANG – Australia berupaya meningkatkan kerjasama dengan Indonesia, khususnya di bidang perdagangan dan pendidikan. Duta Besar Australia untuk Indonesia, Paul Grigson dalam kunjungannya ke Semarang kemarin mengatakan, kerjasama Australia dan Indonesia khususnya ekspor impor sudah ada sejak lama, namun saat ini pihaknya tengah berusaha untuk lebih membuka keran investasi dari Australia ke Indonesia, maupun sebaliknya.

“Berbagai bisnis di Australia belum banyak yang ada di Indonesia. Hal ini yang kami coba kembangkan,” ujarnya di sela pertemuan dengan para alumni berbagai Universitas Australia di Semarang.

Salah satu upayanya yaitu dengan kembali mendekatkan diri dengan para alumni berbagai Universitas Australia yang telah kembali ke Indonesia. Para alumni ini diharapkan dapat terus mengembangkan bisnis yang sekiranya berpeluang untuk dapat memperkuat kerjasama Australia Indonesia.

Sedangkan terkait pendidikan, ia mengaku sudah cukup banyak kerjasama antara kedua negara tersebut. Bahkan, Queensland yang merupakan negara bagian di Australia juga telah menjadi sister city dari Jawa Tengah. “Sudah banyak beasiswa maupun pelatihan yang kami selenggarakan untuk meningkatkan ketrampilan di berbagai bidang. Mulai dari pendidikan hingga kesehatan. Fokusnya memang selain beasiswa sekarang ada juga pelatihan singkat antara 3 – 6 bulan,” jelasnya.

Saat ini, lanjutnya, juga tengah dikembangkan pelatihan-pelatihan untuk para perawat. Dengan mendapatkan pelatihan keperawatan berstandar internasional di Australia, para perawat Indonesia ini juga dapat bekerja di berbagai negara.

Selain bertemu alumni, selama di Jawa Tengah Paul Grigson juga mengunjungi pebisnis lokal, sejumlah pemimpin politik, Masjid Agung Jawa Tengah serta ziarah ke makam Walisongo.  “Seringkali hubungan antar negara lebih ke pemerintahan, padahal hubungan antar masyarakat maupun komunitas juga sangat penting. Oleh karena itu saya berkunjung langsung ke berbagai komunitas. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan pemahaman dua belah pihak,” tandasnya. (dna/smu)