Antisipasi Napi Kabur, Sidak Rutan

495

DEMAK-Kabagops Polres Demak Kompol Sutomo bersama Kasat Sabhara AKP Agus Subarjo kemarin melakukan sidak ke Rutan Demak. Sidak yang disambut Kepala Rutan Demak Sutrasno ini dilakukan untuk mengecek pengamanan sekaligus mengantisipasi kaburnya nara pidana (napi) sebagaimana yang terjadi di daerah lain.

Kapolres Demak, AKBP Sonny Irawan melalui Kabagops Kompol Sutomo mengatakan bahwa pengetatan keamanan serta meningkatkan kewaspadaan utamanya saat jam besuk maupun saat malam hari di Rutan Demak menjadi prioritas utama. “Kita mengingatkan kepada pihak rutan agar petugas rutan meningkatkan kewaspadaan,” katanya.

Sejauh ini, kapasitas Rutan sebetulnya hanya mampu menampung 100 orang tahanan dan napi. Namun, saat ini Rutan tersebut menampung sebanyak 183 orang tahanan atau napi. Yaitu, 165 laki-laki dan 12 perempuan serta 6 anak-anak. Untuk mengamankan rutan ini, penjaga atau sipir di Rutan Demak hanya ada 5 orang. “Jadi, tahanan yang ditampung di Rutan Demak ini overkapasitas,” ujar Kabagops Kompol Sutomo.

Menurutnya, Polres Demak jauh-jauh hari sudah melakukan kerjasama (MoU) dengan Rutan Demak terkait upaya pengamanan dalam rutan. “Kami menyadari personel rutan sangat minim sekali. Makanya Polres Demak sering sambang dan cek ke rutan memberikan bimbingan dan penyuluhan di rutan,” katanya. (hib/ida)