TEMANGGUNG – Selama sebulan kedepan, persediaan darah di Kabupaten Temanggung dipastikan aman. Saat ini stok persediaan darah masing-masing golongan telah melebihi ambang batas minimum.

Petugas jaga Bagian Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Temanggung Mulyono menjelaskan, saat ini PMI memiliki persediaan hingga 189 kantong darah. Ia merinci, stok terdiri dari 25 kantong golongan A, 56 golongan B, 83 golongan O dan 24 golongan AB.

“Permintaan dari RS yang ada di Temanggung, rata-rata 10 kantong darah per hari. Permintaan darah golongan A paling banyak. Dari jumlah jumlah darah yang kita punya, saya memastikan aman untuk sebulan ke depan,” ucap Mulyono di kantor PMI Temanggung, Selasa (24/1).

Mulyono melanjutkan, untuk Januari 2017 ini jumlah permintaan trombosit mengalami penurunan bila dibandingkan Desember 2016 yang mencapai 10 kantong per hari. Trombosit merupakan jenis darah yang dibutuhkan pasien penyakit Demam Berdarah Dangue (DBD).

“Jika permintaan trombosit sedikit, berarti selama sebulan terakhir jumlah pasien penderita DBD di Kabupaten Temanggung cenderung menurun,” ungkapnya. (san/ton)