PURBALINGGA – Ruas jalan yang menghubungkan Kelurahan Karangmanyar dan Kelurahan Mewek Kecamatan Kalimanah mengalami rusak parah dan butuh perbaikan. Kerusakan jalan tersebut sudah terjadi sejak 6 tahun terakhir dan tak kunjung mendapatkan penanganan.

“Berdasarkan informasi dari Lurah, luas jalan yang rusak ini sepanjang 1.500 meter,” ujar Camat Kalimanah Bambang Wijayanto, Senin (23/1).

Dia menjelaskan, rusaknya ruas jalan yang menghubungkan dua kelurahan tersebut sangat mengganggu kenyamanan warga yang melintas. Apalagi, ruas jalan tersebut merupakan jalan alternatif utama yang menghubungkan dua kelurahan tersebut. “Warga berharap, kerusakan jalan ini bisa diatasi secepatnya. Sehingga, warga bisa kembali nyaman melintasi jalan tersebut,” katanya.

Kerusakan jalan terjadi mulai perbatasan Kelurahan Karangmanyar hingga ke Kelurahan Mewek. Kerusakan bervariasi, namun kerusakan parah terlihat di dekat jembatan yang ada di ruas jalan tersebut. Kendaraan harus berjalan pelan-pelan jika melewati lokasi tersebut, karena hampir seluruh bagian aspal jalan mengelupas. Selain itu, hampir semua bagian jalan aspal jalan sudah mengelupas.

Sementara itu, berdasarkan koordinasi yang dilakukan Bagian Pembangunan Setda Purbalingga, serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Purbalingga, kerusakan ruas jalan tersebut rencananya akan dibenahi menggunakan dana rutin pemeliharaan jalan. Namun, belum diketahui kapan ruas jalan tersebut akan diperbaiki. (tya/jpg/ton)