Cek STNK Bisa Lewat Ponsel

1856

WONOSOBO – Untuk mengingatkan masyarakat tentang batas waktu pengesahan , dan perpanjangan STNK kendaraan bermotor, Satlantas Polres Wonosobo menyosialisasikan penggunaan STNK Reminder.

Kapolres Wonosobo AKBP Muhammad Ridwanmelalui Kasatlantas AKP SS Udiono menerangkan bahwa aplikasi berbasis android ini telah dikembangkan oleh Ditlantas Polda Jateng.

“Untuk mempermudah pelayanan masyarakat, Ditlantas Polda Jateng menyiapkan aplikasi guna membantu mengingatkan waktu jatuh tempo pengesahan dan perpanjangan STNK kendaraan,” katanya.

Masih banyak masyarakat, karena kesibukannya, sehingga lupa tanggal jatuh tempo pengesahan dan perpanjangan STNK, serta pajak tahunan kendaraannya. “Tahu-tahu sudah telat saja,” cetus Udiono.

Sehingga, lanjut dia, dengan menggunakan aplikasi ini, masyarakat akan mendapatkan notifikasi dalam tempo antara 7 sampai 0 hari sebelum jatuh tempo pengesahan dan perpanjangan STNK jadi terbebas dari denda.

“Selain notifikasi pajak, melalui aplikasi ini, masyarakat juga bisa memperoleh banyak informasi seperti mekanisme pengurusan STNK, biaya PNBP bidang regident Satlantas maupun informasi lain mengenai pengesahan dan perpanjangan STNK,” terangnya.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, masyarakat hanya perlu menggunakan ponsel pintar berbasis android untuk kemudian melakukan unduhan menggunakan playstore.

“Namanya adalah SRC (Smart Regident Center) Polda Jawa Tengah. Setelah itu langsung masuk dan akan terpampang berbagai macam menu,” ujar Udiono.

Ditambahkan, untuk reminder STNK, bisa langsung memilih menu STNK, memilih menu reminder kemudian melakukan registrasi. Masyarakat juga dapat menanyakan langsung kepada petugas pelayanan yang ada di Samsat, maupun membaca pada banner yang di pasang di kantor Samsat yang berisi tentang tata cara penggunaan aplikasi STNK Reminder SRC. (ali/lis)