Pilkada Batang Dianggap Paling Kondusif

384
DOA BERSAMA : Jajaran KPU Kabupaten Batang saat menggelar doa bersama demi suksesnya Pilkada 2017 Februari mendatang. (Nurul.fatah@radarsemarang.com)
DOA BERSAMA : Jajaran KPU Kabupaten Batang saat menggelar doa bersama demi suksesnya Pilkada 2017 Februari mendatang. (Nurul.fatah@radarsemarang.com)

BATANG – Dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2017, Kabupaten Batang merupakan daerah yang paling banyak calonnya dan dinilai sebagai daerah yang terendah tingkat kerawanannya. Sehingga diharapkan Pilkada yang akan dilaksanakan pada 15 Februari mendatang berjalan aman dan kondusif.

“Dalam launching Pilkada di Jakarta beberapa waktu yang lalu, dari 101 daerah se Indonesia yang melaksanakan Pilkada, Batang dinilai paling minim kerawanannya,” kata Wakil Bupati Batang Soetadi dalam acara Doa Bersama Pilkada Damai, di Jalan Veteran Batang, Sabtu (21/1).

Dikatakan pula, terwujudnya hal tersebut berkat kerjasama yang baik antara pihak penyelenggara, baik KPU, Panwaslukab maupun para pasangan calon itu sendiri. Untuk itu Pemkab Batang berharap agar Pilkada tetap berjalan aman dan kondusif sampai dengan terpilihnya paslon Bupati dan Wakil Bupati periode 2017-2022.

“Kami harap paslon dan pihak penyelenggara serta para pendukung masing-masing paslon bisa menjaga kondusifitas, jika ada permasalahan silahkan diselesaikan secara musyawarah,” ujarnya.

Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo, mengatakan diantara 7 kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkada 2017, Kabupaten Batang berbeda sendiri karena paslon yang akan maju ada 4 pasangan, dan ini merupakan yang paling banyak diantara daerah lainnya. “Batang ada 4 paslon yang maju, pastinya hal ini akan membuat ramai dalam persaingan untuk menentukan calon kepala daerah dan wakilnya,” ujar Joko.

Diharapkan kepada masyarakat untuk memanfaatkan momentum dalam menentukan pemimpin daerah periode 2017-2022. Para penyelenggara juga diminta bisa memanfaatkan sisa waktu untuk mengajak masyarakat agar bisa memaksimalkan keikutsertaannya dalam Pilkada nanti.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Batang Adi Pranoto, menambahkan apa yang telah disampaikan Wakil Bupati memang benar jika Batang minim konflik. Akan tetapi hal itu harus dijaga bersama agar situasi Pilkada Batang tetap kondusif hingga selesai, tentunya baik dari penyelenggara, pemerintah, masyarakat dan paslon masing-masing. “Kondusifitas ini tidak lepas dari peran semua pihak, tim maupun pendukung para paslon juga sangat berperan untuk menjaga kondusifitas,” katanya.

KPU juga mengajak masyarakat yang sudah memiliki hak pilih untuk menggunakan haknya tersebut secara baik dan benar sesuai hati nurani tanpa ada paksaan. “Selain doa bersama, kami juga menggelar pengucapan ikrar Pilkada damai dan agar bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” tandas Adi. (mg20/ric)