Tanamkan Kebaikan Kepada Seluruh Karyawan

388
SUPERVISI : Mendampingi karyawan saat melayani konsumen tak jarang dilakukan Kurniawan. (Nurchamim@radarsemarang.com)
SUPERVISI : Mendampingi karyawan saat melayani konsumen tak jarang dilakukan Kurniawan. (Nurchamim@radarsemarang.com)

Bagi Yohanes Kurniawan, menjadi seorang pemimpin bukanlah hal yang mudah. Apalagi seorang pemimpin harus bisa menjadi contoh bagi seluruh karyawannya. Untuk itu ia berusaha menanamkan kebaikan dengan tujuan ada peningkatan dalam kualitas kerja karyawan yang berimbas pada produktivitas.

Suami dari Santi ini mengaku, selalu mengajari karyawannya untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan. Bukan hanya di lingkungan kerja. Pesan tersebut ia tanamkan agar semua karyawan bisa berbuat baik di keluarga, sosial masyarakat ataupun sekitarnya. “Nilai kebaikan harus ke samping, depan, belakang atas dan bawah. Bukan hanya untuk konsumen saja, lingkungan kerja, kepada anak buah harus diperlakukan dengan baik,” katanya.

Dengan menanamkan nilai kebaikan, ayah dari Ken dan Talent ini yakin akan berimbas dan menyebar menjadi suatu iklim kerja yang positif bagi diri sendiri. Serta memberi manfaat bagi  lingkungan, bahkan bangsa dan negara. “Jika bisa berjalan tentu ada kontribusi positifnya, bukan hanya untuk kita tapi juga untuk lingkungan,” ungkapnya.

Kurniawan enggan menjadi seorang pemimpin yang otoriter. Dirinya mencoba bisa memberikan inspirasi. Bahkan ia tidak segan untuk turun sendiri ke lapangan untuk menularkan kebaikan kepada konsumen ataupun karyawannya. “Caranya gampang kok, intinya dijalani saja seperti yang dilakukan setiap hari dan tetap menjadi diri sendiri,” candanya.

Kurniawan pun lebih suka melakukan pendekatan personal terhadap bawahannya. Ia lebih suka mengobrol dan bertukar pikiran ataupun sharing pengalaman. “Kalau bicara karyawan, tentu ada hubungan internal dan eksternal. Usia mereka sudah matang dan bukan anak kecil lagi, yang pasti sudah bisa memilah dan memilih yang mana yang baik dan mana yang buruk. Saya hanya tinggal mengarahkannya saja untuk lebih berguna bagi semua orang,” ujarnya.

Inovasi pun menjadi hal yang terus ia tekankan, telebih untuk melayani masyarakat. Dalam era digitaliasi, dirinya ingin terus memperbaiki proses kerja dan pelayanan seperti pendaftaran servis dan pembelian  dengan sistem booking dan aplikasi lainnya yang lebih simpel. (adennyar wycaksono/ric)