Pemkab Siap Lelang Aset

678

KENDAL—Pemkab Kendal segera melelang sejumlah  aset tahun 2015 dan 2016. Saat ini telah dilakukan pencatatan barang yang telah mendapatkan Surat Keputusan (SK) Penghapusan aset.

Kabid Pengelolaan Aset Daerah pada Badan Keuangan Daerah (Bakeuda), Aris Irwanto mengatakan, untuk proses pelelangan, pihaknya masih harus menyesuaikan jadwal di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). “Hal itu karena proses lelang aset daerah memang wewenang dari KPKNL,” katanya, Jumat (20/1).

Pihaknya memiliki tugas mencatat barang atau aset daerah yang dibiayai APBD atau perolehan sah lainnya. Selain itu juga bisa terjadi karena adanya proses hukum, seperti barang sitaan. “Untuk hasil operasi Satpol PP, seperti besi-besi bekas reklame dan gerobak jualan atau barang-barang lainnya, tidak termasuk di dalam kategori barang aset,” akunya.

Ia menargetkan, lelang dapat dilakukan pada semester pertama tahun ini. Barang-barang yang dilelang tersebut kondisinya sudah banyak yang rusak. Sebab sudah lama tidak digunakan lagi, karena telah ada pembaruan.

“Barang-barang yang kondisinya masih bernilai ekonomis akan dijual lelang per unit. Sedangkan barang-barang yang sudah tidak memiliki nilai ekonomis secara utuh akan dijual dalam bentuk paket,” jelasnya.

Sebelum dilelang, barang-barang tersebut akan dilakukan penafsiran harga. Mana yang masih mempunyai nilai ekonomis atau tidak. Barang yang dijual paketan terjadi karena hanya bisa dijual per bagian saja, tidak bisa utuh seperti semula.

Dikatakan, sampai saat ini Pemkab Kendal belum memiliki gudang sendiri. Sehingga barang-barang tersebut ditempatkan di Kantor BKK depan Koramil Kendal, dan di kantor BPBD yang baru di Jalan Wiromenggalan atau belakang GOR Bahurekso Kendal.

Bahkan sebagian besar barang tersebut rata-rata masih berada di masing-masing kantor OPD. “Karena tidak memiliki gudang sendiri, maka kebanyakan barangnya masih disimpan di masing-masing OPD,” tambahnya. (bud/zal)